Wujudkan Petani yang Merdeka dengan Hal Berikut!

Wujudkan Petani yang Merdeka dengan Hal Berikut!

Sadarkah jika kita hidup dari hasil pertanian petani kita? Memang butuh proses untuk menyadari dan mengenali dampaknya. Sedikit contoh, sepiring nasi yang kamu makan hari ini atau semangkuk sayur yang kamu nikmati menunjukkan seberapa dekatnya manusia dengan karya petani kita. Faktanya, kita sangat bergantung pada hasil pertanian. Namun mirisnya, masalah yang hampir sama di negara-negara berkembang para petani belum dapat dikatakan sejahtera. Apa lagi para buruh tani atau petani kecil, sedangkan sebuah negara dapat dikatakan maju ketika negara tersebut dapat mencukupi kebutuhan pangan dan meningkatkan perekonomian ekosistem pertaniannya.

Memang, permasalahan dalam sektor pertanian bukan perkara yang dapat selesai dalam semalam. Butuh kolaborasi banyak pihak termasuk pemerintah, dan intitusi terkait untuk menciptakan kebijakan yang efektif dan efisien bagi kemajuan sektor ini. Wujudkan Petani yang Merdeka Dengan Hal Berikut!

1. Melindungi dan Melestarikan Lingkungan Alam
Tanpa lingkungan alam yang lestari di mana flora dan fauna hidup secara alami, praktek pertanian berkelanjutan tidak dapat terjadi. 

2. Membeli hasil petani lokal
Kamu bisa dapatkan sumber hasil petani lokal di berbagai tempat, mulai dari pasar tradisional hingga supermarket. Membeli produk petani lokal dengan dukungan teknologi di TaniHub bisa jadi salah satu langkah dalam mendukung perekonomian petani.

3. Mendukung budidaya petani
Selain menyerap produk petani lokal, mendukung proses budidaya petani lokal melalui pendanaan juga sangat membantu petani kita. Beberapa petani masih kekurangan  modal saat memulai budidayanya, melalui TaniFund kamu dapat mengembangkan potensi para petani melalui pendanaan untuk menggarap budidaya pertaniannya.

4. Pilih restoran dan dukung UMKM lokal

Semudah menikmati restoran berbasis farm-to-table yang sebagian besar bahan-bahannya diambil dari petani. Secara langsung kamu juga meningkatkan perekonomian UKM dan UMKM lokal yang ada.

5. Volunteer

Menjadi volunteer di pertanian lokal membuat kamu lebih banyak waktu untuk menyerap pengetahuan dan mengenal petani lokal. Banyak organisasi internasional seperti  Worldwide Opportunities on Organic Farms dan Do Something, organisasi aktivisme yang bisa mempertemukan kamu secara langsung dengan petani. Atau, kalau TaniFund atau TaniHub juga membuka kesempatan untuk kamu melakukan program internship agar dapat mengenal petani Indonesia lebih dekat. 

Jadi, sudah ada beberapa hal belum yang kamu lakukan di atas? Dan, hal-hal sederhana apa yang bisa kita lakukan untuk memerdekakan petani kita? Bagikan di kolom komentar.

One Reply to “Wujudkan Petani yang Merdeka dengan Hal Berikut!”

  1. Saya seorang karyawan perkebunan yg berdomisilin di jawa barat lebih tepatnya di sukabumi , dan untuk petani di sini sangatlah miris dengan pengtahuannya tentang tanaman minim ,modal terbatas, danharga jual hasil bertani murah saat panen karna adanya permainan tengkulak
    Dan saat ini saya hanya bisa bertindak dengan sosialisasi dengan petani sekitar dengan berbekal ilmu pengetahuan tentang tanaman yg saya tahu dan ide” tntang pemaafatan potensi yg ada,
    Mungkin petanihub berkenang memberi saran dan solusi agar para petani di sini makmur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
65 − 61 =

shares