Vitamin C Tinggi Tidak Hanya Ada di Jeruk, Buah-buahan Ini Juga Lho!

Vitamin C Tinggi Tidak Hanya Ada di Jeruk, Buah-buahan Ini Juga Lho!

Tanihub.com – Buah apa yang mengandung vitamin C tertinggi? Jika jawaban Anda adalah Jeruk, Anda sama seperti kebanyakan orang. Ya, kebanyakan orang memang akan menjawabnya dengan buah yang mengandung vitamin C degan jumlah 59-83 ini.

Namun pada kenyataannya, vitamin C tinggi tidak hanya dimiliki oleh jeruk lho. Berikut ini kami kumpulkan buah-buahan yang mengandung vitamin dengan fungsi perbaikan sel-sel tulang, gigi, kulit, dan pertumbuhan tersebut.

1. Jambu biji

Buah ini sebenarnya mengandung vitamin C paling tinggi di antara buah-buahan lainnya. Vitamin C dalam jambu biji adalah sebesar 206 mg. Bila dibandingkan dengan jeruk yang mengandung 59-83 mg vitamic C, jambu biji tentu lebih unggul lebih dari dua kali lipat.

Keunggulan jambu biji terhadap jeruk tidak hanya pada kandungan vitamin C, tetapi juga kandungan seratnya.

Baca juga: Sering Dibuang, Bagian-bagian Buah dan Sayur Ini Justru Banyak Manfaatnya

2. Pepaya

Dalam setengah buah pepaya terkandung sekitar 94 mg vitamin C. Seperti jambu biji, tidak hanya kandungan vitamin C, pepaya juga masih lebih unggul dibandingkan dengan jeruk dalam jumlah seratnya.

Pepaya juga mengandung vitamin A, vitamin B kompleks (asam folat, vitamin B6, vitamin B2, dan vitamin B1), kalium, dan kalsium. Dengan kandungan tersebut lah pepaya dapat bermanfaat dalam memperlancar pencernaan, menjaga kesehatan kulit dan mata, menjaga metabolisme tubuh, hingga mengontrol tekanan darah.

Nah, buah yang dianggap sebagai makanan burung ini ternyata memiliki segudang manfaat kan?

3. Kiwi

Sedikit lebih unggul dari jeruk, kiwi mengandung 84 gram vitamin C. Tidak hanya vitamin C, kiwi juga mengandung vitamin A, vitamin E, dan vitamin K.

Baca juga: Yuk, Lihat Manfaat Lain Dari Enam Buah Ini!

Tidak hanya vitamin, buah kiwi juga mengandung sejumlah mineral, seperti kalium, mangan, zat besi, dan magnesium. Juga mengandung asam lemak omega 3 yang berfungsi dalam mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung atau stroke.

4. Stroberi

Siapa yang tak kenal stroberi? Rasanya semua orang mengenal buah dengan bentuk seperti jantung hati ini. Namun apakah banyak orang tahu bahwa stroberi juga mengandung vitamin C?

Dalam 125 ml (berupa sari) stroberi, terdapat sekitar 52 mg vitamin C. Sedikit di bawah jumlah kandungan vitamin C dalam jeruk.

Buah yang selalu menjadi salah satu varian rasa ini juga mengandung antosianin dan asam elagic. Tidak hanya itu, stroberi juga mengandung vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin E, kalium, mangan, fluor, zat besi, dan iodium.

Nah, dengan seluruh kandungan yang dimiliki ini, stroberi dinilai mampu untuk mencegah munculnya kanker, memperlambat penuaan, peradangan, hingga penyakit saraf.

5. Nanas

Dalam 125 ml (berupa sari) nanas terkandung sekitar 39-49 mg vitamin C. Bila dibandingkan dengan jumlah kandungan vitamin C pada jeruk, nanas memang cukup tertinggal.

Baca juga: Hmm Kira Kira Buah Favoritmu Sesuai Gak Ya Sama Kepribadianmu?

Namun nanas juga mengandung bromelain, enzim yang mampu memecah protein dalam makanan untuk mencegah kembung. Tidak hanya itu, bromelain juga berfungsi sebagai pencegah peradangan.

Berbeda dengan buah-buahan yang disebutkan sebelumnya, nanas memang mengandung vitamin B kompleks dan vitamin A, tetapi jumlah kandungannya sangat sedikit.

6. Mangga

Nah, buah terakhir ini mungkin menjadi buah favorit bagi banyak orang. Tidak hanya rasanya yang enak, mangga juga mengandung berbagai kandungan, seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, kalium, dan tembaga.

Baca juga: Trik Kupas Kulit Tomat Tanpa Bikin Kamu Pusing!

Hanya saja bila dibandingkan dengan jeruk atau buah yang lainnya, kandungan vitamin C dalam mangga hanya sebesar 29 mg. Namun mangga juga kaya akan serat dan fitonutrien (karotenoid dan polifenol) yang terbukti ampuh dalam mencegah kanker payudara dan kanker usus besar.

Nah, jadi untuk Anda yang ingin menambah asupan vitamin C tapi tidak suka dengan jeruk, masih terbuka peluang dengan mengonsumsi buah-buahan lainnya di atas. Selain dapat memenuhi kebutuhan vitamin C, Anda juga bisa mendukung petani lokal Indonesia lho. Caranya mudah, beli saya buah-buahan kaya akan vitamin C tersebut melalui aplikasi ini. Ya, aplikasi ini menghubungkan Anda langsung kepada petani. Jadi, tubuh Anda semakin sehat, petani juga bisa semakin kuat.

4 Replies to “Vitamin C Tinggi Tidak Hanya Ada di Jeruk, Buah-buahan Ini Juga Lho!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares