Vitamin A Dapat Mengurangi Risiko Kanker Kulit, Benarkah?

Vitamin A Dapat Mengurangi Risiko Kanker Kulit, Benarkah?

Mengonsumsi lebih banyak Vitamin A dalam menu makanan mu dapat mengurangi risiko kanker kulit. Demikianlah sebuah hasil penelitian menyebutkan.

Karsinoma sel skuamosa (KSS), adalah salah satu jenis sel kanker yang menyerang sel skuamosa yang berada pada bagian tengah hingga luar kulit yang sering terpapar sinar matahari–seperti wajah dan kepala. Sel kanker ini mudah untuk ditangani apabila ditemukan lebih awal, dan beberapa kasus yang jarang menyatakan sel kanker dapat dengan cepat menyebar ke area lainnya.

Dari sebuah jurnal yang ditulis oleh JAMA Dermatology dengan menggunakan data dari total 123,570 laki-laki dan perempuan di Amerika yang mengikuti studi jangka panjang mengenai hal ini, telah ditemukan jika dibandingkan seperlima orang dengan asupan Vitamin A rendah, mereka yang mengonsumsi lebih banyak Vitamin A memiliki 17 persen peluang lebih tinggi untuk terhindar dari risiko kanker kulit.

Karena itu para peneliti menyarankan untuk mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran. 

Eunyoung Cho, seorang penulis senior dan profesor dari JAMA Dermatology menyarankan untuk mendapatkan asupan Vitamin A dari sumber tanaman karena dinilai sangat aman. Selain itu sumber Vitamin A juga sangat mudah didapatkan, seperti dari berbagai hasil tani seperti wortel, brokoli, bayam, paprika merah, ubi, dan kentang manis.

Meskipun kita dapat memenuhi kebutuhan Vitamin A dari dalam, menurut Cho kita juga harus melawan berbagai dampak kerusakan sel kulit dari luar. Hal itu bisa dilakukan dengan tetap memakai tabir surya di luar atau dalam ruangan. Selain itu, konsumsi Vitamin A secara berlebih juga tidak dianjurkan, karena memiliki dampak yang kurang baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
26 − = 19

shares