Tips Agar Tetap Sehat Selama Puasa

Tips Agar Tetap Sehat Selama Puasa

Ketika bulan Ramadhan tiba, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa dan menahan lapar serta haus selama kurang lebih 12 jam sehari dalam waktu sebulan. Ternyata, puasa juga dapat mendatangkan pahala dan kesehatan jika dijalankan dengan cara yang benar. Berikut adalah beberapa tips agar sehat selama puasa.

1. Saat berbuka puasa makanlah dengan porsi normal

Jangan berlebihan dan sebaiknya mengonsumsi makanan yang kaya protein dan karbohidrat serta buah-buahan dan sayur-sayuran. Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air juga dapat menjaga tubuh terhidrasi sepanjang hari.

2. Minum air yang cukup sebelum waktu imsyak tiba

Hindari mengonsumsi minuman yang mengandung kafein karena akan menyebabkan tubuh kehilangan cairan.

3. Hindari berlama-lama di tempat terik matahari dan kurangi aktivitas fisik

Terlalu lama di tempat terik matahari akan membuat tubuh menjadi cepat lelah. Selain itu, aktivitas fisik yang belebihan juga dapat menyebabkan tubuh cepat lelah. Usahakan untuk lebih banyak berktivitas di ruangan yang dingin atau teduh. Kurangi pula aktivitas fisik yang dapat menguras stamina agar tidak cepat lelah.

4. Mengonsumsi makanan atau minuman yang manis

Saat puasa memang baik mengonsumsi makanan atau minuman yang manis untuk mengembalikan energi yang hilang saat puasa. Namun, sebaiknya perhatikan pula porsinya.

5. Hindari fast food, gorengan dan makanan pedas

Makan fast food, gorengan dan makanan pedas dapat mengganggu pencernaan di siang hari.

6. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki atau peregangan

Selain untuk menjaga berat badan, olahraga pun berfungsi untuk memperlancar peredaran darah dan menjaga kebugaran tubuh. Idealnya, olahraga ringan sebaiknya dilakukan 30 menit atau 2 jam menjelang berbuka puasa. Jangan berolahraga setelah sahur karena akan menyebabkan tubuh cepat lelah saat puasa.

7. Perhatikan pola tidur

Pada saat puasa, kita kerap kali mengantuk. Mengantuk pada saat puasa bukan diakibatkan karena tidak makan dan minum seharian, tetapi pola tidur yang kurang.

8. Hindari makanan berminyak pada saat sahur

Makanan berminyak akan membuat sel darah merah menggumpal sehingga menyebabkan aliran oksigen berkurang. Akibatnya Anda akan mudah mengantuk.

9. Jangan minum air dingin atau es saat berbuka puasa

Minuman yang dingin akan menyebabkan kembung. Sebaiknya minum minuman hangat agar pembuluh darah tidak menciut dan sistem pencernaan bekerja dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
5 + 1 =

shares