Teknologi 4.0 Solusi untuk Food Waste!

Teknologi 4.0 Solusi untuk Food Waste!

Tahukah kalian jika ada miliaran kilogram sayur dan buah yang terbuang sia-sia karena masih banyaknya manusia yang kurang bijak dalam mengonsumsi makanan. Di Amerika Serikat sendiri, ada sekitar 30-40% pasokan pangan yang terbuang sia-sia setiap tahunnya. Tidak hanya makanan, ternyata ada begitu banyak produk-produk pertanian yang juga terbuang sia-sia dalam jumlah besar. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, diperkirakan ada sekitar ⅓ produk panen yang tidak dikonsumsi atau terbuang begitu saja. Jika dihitung dalam jumlah dolar, pasokan pangan yang terbuang ini bisa mencapai 161.6 miliar dolar Amerika Serikat. 

Banyak aspek yang membuat produk pertanian ini menjadi terbuang sia-sia. Biasanya masalah storing yang buruk ataupun permasalahan dalam bidang logistik. Namun, ada juga masalah lain yang membuat produk pertanian ini menjadi terbuang. “Kondisi yang tidak sempurna” menjadi salah satu alasan terbesar yang membuat produk pertanian ini menjadi terbuang sia-sia.

Sumber: grist.org

Karena minimnya pengetahuan, produk sayur atau buah yang dianggap tidak layak ini tidak memiliki nilai guna lagi. Sebagai contoh, apel yang memiliki sedikit benjolan ataupun pisang yang berdempetan tidak pernah dikonsumsi oleh kebanyakan orang. Bentuk yang aneh membuat orang menjadi segan untuk mengonsumsinya.

Namun, beberapa tahun belakangan ini beberapa startup telah melakukan sebuah gebrakan baru untuk memutus siklus dari terbuangnya produk tani dengan kondisi yang tidak sempurna ini. Beberapa perusahaan seperti: Imperfect Product, Full Harvest, Hungry Harvest, dan Misfits Market. Perusahaan ini menyatakan bahwa mereka telah menyediakan solusi terhadap masalah food waste yang saat ini menjadi perhatian banyak masyarakat. Apalagi perusahaan ini menaruh perhatian lebih terhadap produk pertanian yang memiliki bentuk tidak sempurna.

Secara langsung, beberapa perusahaan ini telah menjadi media baru bagi para petani untuk mendistribusikan hasil panen yang memiliki kondisi tidak sempurna. Biasanya, produk ini dijual dengan harga yang sangat murah ke beberapa swalayan, mendonasikan kepada komunitas-komunitas sosial, atau bahkan dijadikan pakan hewan ternak mereka. Namun sekarang, sejak kemunculan dari beberapa startup ini petani bisa menyalurkan produk yang tidak diinginkan masyarakat ini secara langsung. Sehingga petani bisa mendapatkan untung yang lebih.

Startup ini memudahkan para konsumen untuk mendapatkan produk segar dari petani secara langsung. Konsumen dapat memesan lewat internet maupun aplikasi, membayarnya, dan hanya menunggu kedatangan dari produk yang mereka pesan. Perusahaan ini memberikan banyak dampak sosial bagi petani serta masyarakat secara langsung. Selain petani yang bisa mendapatkan untung lebih, konsumen juga bisa dengan mudah berbelanja produk pertanian tanpa kesulitan.

CEO dari Misfits Market, Abhi Ramesh mengatakan bahwa perusahaan ini diibaratkan sebagai “Robin Hood” yang mampu memecahkan masalah food waste yang saat ini menjadi perhatian di seluruh dunia. Selain itu juga, perusahaan ini mampu melancarkan aliran antara pertanian dan food banks. Ramesh juga menambahkan bahwa seluruh produk pertanian yang telah dipanen sangat layak dan pantas untuk dikonsumsi, tidak ada masalah dengan bentuk atau warna yang kurang menarik. Masih banyak orang-orang yang beranggapan dan memiliki sikap skeptis terhadap makanan tersebut.

Tugas terpenting saat ini adalah menginformasikan serta mengubah pola pikir masyarakat bahwa, produk yang tidak sempurna tersebut juga sama dengan produk pertanian yang segar seperti pada umumnya. Kampanye yang unik serta memberikan pemahaman dengan pendekatan yang cukup menarik kepada masyarakat juga sangat dibutuhkan. Pada dasarnya buah atau sayuran ini hanya memiliki bentuk yang tidak sempurna, tetapi ketika kita mengupas ataupun memakannya rasanya akan tetap sama seperti buah dan sayur yang memiliki bentuk sempurna.

Tidak salah jika kita mengonsumsi atau berbelanja produk sayur dan buah yang tidak sempurna ini. Kita mulai harus bijak dalam mengolah dan memanfaatkan pangan yang ada. Jangan sampai ada makanan yang terbuang sia-sia. Kalian tertarik untuk mencoba mengonsumsi sayur dan buah yang tidak sempurna ini? 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
93 − = 89

shares