TaniHub dan Dompet Dhuafa Jalin Kerja Sama Untuk Program Sosial Melalui Inovasi Teknologi

TaniHub dan Dompet Dhuafa Jalin Kerja Sama Untuk Program Sosial Melalui Inovasi Teknologi

Tanihub.com – TaniHub, startup e-commerce untuk pertanian, resmi bekerja sama dengan lembaga filantropi Dompet Dhuafa dalam rangka mendukung santunan sosial bagi masyarakat yang membutuhkan. Penandatanganan nota kesepakatan (Memorandum of Understanding/MoU) untuk kerja sama tersebut dilakukan di Gedung Filantropi, kantor pusat Yayasan Dompet Dhuafa Republika di Jakarta, pada hari Rabu, 17 Juli 2019.

Ivan Arie Sustiawan selaku CEO dan Co-Founder TaniHub dan Imam Rulyawan selaku Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi menandatangani kesepakatan tersebut, yang akan menjadi payung bagi serangkaian perjanjian kerja sama selanjutnya antara kedua belah pihak. Bentuk kerja sama tersebut terkait dengan penyelenggaraan program sosial yang berbasis edukasi, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Baca juga: TaniGroup Raih Pendanaan Seri A Sebesar US$10 Juta Untuk Menata Kembali Pertanian di Indonesia

Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi Imam Rulyawan (kiri) dan CEO dan Co-Founder TaniHub Ivan Arie Sustiawan menandatangani nota kesepakatan kerja sama. (Foto oleh Bhisma Adinaya/TaniGroup)
Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi Imam Rulyawan (kiri) dan CEO dan Co-Founder TaniHub Ivan Arie Sustiawan berjabat erat setelah menandatangani nota kesepakatan kerja sama. (Foto oleh Bhisma Adinaya/TaniGroup)

Ivan Arie Sustiawan mengatakan: “Kerja sama ini adalah suatu langkah yang cukup besar untuk kami, karena saya sudah mendengar tentang kiprah Dompet Dhuafa selama ini dan salah satu yang juga menginspirasi kami. Ada kesamaan antara TaniHub dan Dompet Dhuafa dari sisi social impact. Banyak hal yang bisa kami kolaborasikan karena pada prinsipnya, kami sangat terbuka untuk apapun yang bisa kami lakukan untuk kebaikan, termasuk yang bersifat sosial.”

Hal senada juga diucapkan oleh Imam Rulyawan, “Dompet Dhuafa memilih bekerja sama dengan TaniHub karena keduanya mempunyai value yang sama, yaitu pemberdayaan masyarakat. Dompet Dhuafa melihat pendekatan teknologi yang dilakukan kawan-kawan TaniHub sebagai salah satu tawaran solusi agar para petani kita bisa bertahan di era technology disruption. Saya yakin dan optimis, dengan pengalaman Dompet Dhuafa serta pengalaman plus teknologi yang dipunyai TaniHub, Insya Allah hanya menunggu waktu saja petani-petani di Indonesia akan berdaulat.”

Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi Imam Rulyawan (kiri) mendengarkan CEO dan Co-Founder TaniHub Ivan Arie Sustiawan berbicara setelah menandatangani nota kesepakatan kerja sama. (Foto oleh Bhisma Adinaya/TaniGroup)

Selain donasi 2,5 persen dari setiap transaksi TaniHub, sebagai tahap awal, TaniHub akan mendukung program pengadaan hewan kurban yang dikelola oleh Dompet Dhuafa saat memasuki musim ibadah haji dan hari raya Idul Adha, yang akan jatuh pada 12 Agustus 2019. Melalui program yang bertajuk “Tebar Hewan Kurban” tersebut, TaniHub akan menyediakan opsi tambahan untuk hewan kurban, yaitu kambing dan sapi, di aplikasi ponsel pintarnya mulai Senin, 22 Juli 2019 hingga 12 Agustus 2019. Hewan kurban tersebut akan disalurkan ke seluruh Indonesia, dengan target penerima manfaat lebih dari 1 juta jiwa.

Baca juga: Kolaborasi TaniHub x Qasir.id: Berteman dan Besar Bersama untuk Mendukung Petani Indonesia

(Dari kiri ke kanan) CEO and Co-Founder TaniHub Ivan Arie Sustiawan, Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi Imam Rulyawan, Vice President of Corporate Services TaniHub Astri Purnamasari, General Manager Mobilisasi Zakat Infak Sedekah (ZIS) Dompet Dhuafa Filantropi Dera Perdana Sophian, dan Vice President of National Procurement TaniHub Sariyo berpose setelah penandatanganan nota kesepakatan kerja sama. (Foto oleh Bhisma Adinaya/TaniGroup)

Sebagai kelanjutan kolaborasi, Dompet Dhuafa berharap untuk dapat bekerja sama dengan penyedia layanan peer-to-peer lending TaniFund—sister company dari TaniHub. Bentuk kerja sama tersebut diharapkan berupa opsi pembiayaan bagi peternak hewan kurban yang dikelola oleh Dompet Dhuafa. Dengan demikian, masyarakat dapat menyalurkan dana kurbannya melalui TaniFund sejak setahun sebelumnya.

Baca juga: Karena Kalian, TaniFund Memenangkan “Inclusive Fintech 50”

“Para pemberi pinjaman [lender] di TaniFund nantinya diharapkan bisa membantu menambah kapasitas sentra ternak yang ada di tujuh titik di berbagai provinsi di Indonesia. Salah satu peran sentra ternak adalah memberdayakan para peternak kita,” tutup Imam Rulyawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
60 + = 63

shares