Sehat Dengan Penuhi Kebutuhan Serat

Sehat Dengan Penuhi Kebutuhan Serat

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan dan menjauhkan tubuh kita dari berbagai macam serangan penyakit. Salah satunya adalah menjaga pola makan serta memiliki asupan nutrisi, vitamin dan serat yang sangat baik bagi tubuh. Dengan rutin melakukannya tubuh kita akan menjadi sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Kanker paru-paru merupakan salah satu penyakit ganas yang mematikan. Hingga saat ini pengobatan untuk menyembuhkan penyakit ini masih dikatakan cukup sulit. Namun ternyata, sebuah fakta menunjukan bahwa dengan rutin mengonsumsi asupan tinggi serat dan makanan fermentasi seperti yogurt, mampu menurunkan risiko penyakit kanker paru-paru. Termasuk perokok aktif.

Serat sendiri merupakan sumber utama dari probiotik (bakteri baik). Makanan yang sulit dicerna oleh tubuh akan menghasilkan banyak probiotik. Sedangkan yogurt, adalah salah satu makanan yang mengandung banyak prebiotik (asupan makanan bagi bakteri baik). Sehingga jika kita sering mengonsumsi kedua makanan ini, maka bakteri baik akan bekerja dan tubuh kita akan menjadi lebih sehat.

Baca juga: Vitamin A Dapat Mengurangi Risiko Kanker Kulit, Benarkah?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh JAMA Oncology (Pusat Studi Kanker di Amerika Serikat) menyatakan, dari 1.4 Juta orang dewasa didapatkan 18.882 kasus kanker paru-paru karena pola makan yang buruk. Sedangkan 17% dari orang tersebut mendapatkan asupan serat yang tinggi dan lebih sedikit mendapatkan peluang dari penyakit tersebut. Tidak hanya itu, 19% responden yang sering mengonsumsi yogurt juga sangat kecil mendapatkan risiko terkena kanker paru-paru daripada responden yang tidak mengonsumsi yogurt sama sekali. 33% responden yang rajin mengonsumsi serat dan yogurt memiliki lebih sedikit peluang untuk terkena kanker paru-paru. Dari seluruh responden, hampir semua responden perokok aktif mendapatkan risiko kanker paru-paru yang cukup besar.

Dr. Xiao-Ou Shu dari Universitas Vanderbilt menyatakan bahwa salah satu penyebab dari kanker paru-paru adalah peradangan atau inflamasi. Mikrobioma atau bakteri baik memiliki peranan yang cukup besar untuk meminimalisir inflamasi. Dengan rajin mengonsumsi serat dan yogurt, tubuh kita akan mendapatkan mikrobioma yang sehat dan membuat tubuh kita terhindar dari penyakit. 

Tidak hanya itu, ternyata dengan memenuhi kebutuhan asupan dan serat juga akan membantu kita untuk mencegah divertikulitis (sebuah penyakit akibat kelainan pencernaan) dengan gejala seperti sakit perut, kembung, konstipasi hingga diare. Sebuah penelitian juga menunjukan jika kebutuhan serat dari berbagai macam buah seperti apel, pil serta mangga mampu menurunkan risiko dari penyakit ini.


Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga tubuh kita tetap sehat. Salah satunya dengan menjaga pola makan kita dengan baik. Mengonsumsi buah untuk mendapatkan asupan serat adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah berbagai macam penyakit. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah mengonsumsi jus buah ataupun sayur tiap harinya untuk memenuhi kebutuhan serat harian.

Cek aplikasi TaniHub sekarang juga dan dapatkan sepaket mantap jus untuk menjaga kesehatan tubuh kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
+ 81 = 91

shares