Pertanian dan Teknologi Itu Satu!

Pertanian dan Teknologi Itu Satu!

Pertanian merupakan salah satu aspek penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Tanpa pertanian, manusia akan kesulitan untuk mendapatkan asupan pangan sebagai salah satu sumber hidup utama manusia. Seiring berjalannya waktu, kebutuhan produk hasil tani terus mengalami peningkatan. Sudah barang tentu, petani akan membutuhkan banyak alat bantu untuk mempersingkat waktu dan memangkas biaya.

Efektivitas dan efisiensi saat ini benar-benar dibutuhkan oleh para petani untuk menjaga kedaulatan pangan. Maka dari itu, sudah banyak macam dan jenis teknologi yang digunakan oleh para petani. Mulai dari bioteknologi, teknologi mutakhir, hingga teknologi informasi. Adapun beberapa macam teknologi pertanian tersebut antara lain adalah:

Pertanian dan Teknologi Untuk Ketahanan Pangan dan Pembangunan Berkelanjutan
Sumber Gambar: alltech.com
  • Mesin: Dengan bantuan mesin, petani dimudahkan untuk menggarap lahan sebesar 2 hektar dengan waktu dan sumber daya manusia yang tidak terlalu banyak. Tidak hanya itu, dengan bantuan mesin juga akan memangkas biaya produksi pertanian. Saat ini, sudah mulai banyak mesin untuk mempermudah proses pertanian seperti membajak, menanam dan memanen untuk mempersingkat waktu. Aspek waktu dan produksi sangat penting dalam bidang pertanian, petani dituntut untuk menanam, memanen dan mengantar produk pertanian tepat waktu. Jelas saja bahwa teknologi pertanian ini dapat memangkas banyak waktu dan biaya untuk meningkatkan kualitas serta kuantitas panen dalam waktu yang terbatas.
  • Transportasi: Bantuan transportasi sangat membantu end user/konsumen untuk mendapatkan produk pertanian segar dengan cepat. Dengan bantuan teknologi transportasi modern, penduduk di filipina dapat menikmati buah segar dari Indonesia di hari yang sama. Transportasi modern juga membantu petani untuk mempermudah mobilitas pupuk ataupun kebutuhan pertanian lainnya. Transportasi modern yang cukup variatif membuat petani dapat mensuplai kebutuhan konsumen dalam jumlah besar.
  • Pendinginan: Alat ini biasanya terpasang di wahana pengantar hasil tani agar produk yang diantarkan tetap segar dan tidak rusak. Selain itu, instalasi dari alat ini juga untuk mencegah sayur dan buah cepat busuk dalam pengataran.
  • Tanaman dengan mikroorganisme: Biasanya tanaman yang diberikan mikroorganisme mampu mencegah hama dan penyakit sehingga membuatnya jadi lebih kuat. Tanaman juga akan lebih kuat dan semakin produktif. Hal ini jelas membantu petani dalam memotong waktu dan biaya yang cukup besar, sehingga petani dapat memiliki banyak waktu serta dapat mengalokasikan biaya produksi ke pos lainnya.
  • Pakan Hewan: Hasil ternak yang sehat dan berkualitas biasanya tergantung dengan kualitas pangan yang diberikan. Campuran rumput, protein, serta obat-obatan khusus bagi hewan ternak akan membuat hewan ternak menjadi lebih produktif dan menghasilkan banyak keuntungan bagi petani. Teknologi untuk gizi dan pangan hewan ternak mulai harus diaplikasikan untuk mendapat hasil yang lebih produktif dan menjaga kesehatan hewan.

Baca juga: Mengenal Bioteknologi, Teknologi Ramah Lingkungan untuk Pertanian

Jadi, perkembangan zaman tidak mempersulit para petani kita. Justru dengan adanya teknologi akan membantu petani kita menjadi lebih produktif. Ayo sama-sama untuk dukung petani petani kita dengan membeli produk lokal karya petani kita. Cukup unduh aplikasi TaniHub dan belanja berbagai produk pertanian pilihan yang berkualitas. Mendukung petani kita cukup semudah itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
98 − 88 =

shares