Pemuda Untuk Pertanian Dunia

Pemuda Untuk Pertanian Dunia

Pemuda merupakan generasi penerus yang memiliki semangat dan harapan yang besar untuk kemajuan dunia dan negaranya. Saat ini, mulai banyak pemuda dari berbagai negara yang mulai berkarya dan memberikan pengaruh besar bagi negaranya. Banyak karya dan pengaruh yang diberikan pemuda bagi negaranya, mulai dari usaha kecil hingga usaha yang sangat maksimal yang mampu merubah kondisi negaranya. Pertanian merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Banyak juga masyarakat yang menggantungkan hidupnya lewat pertanian. Petani adalah sosok utama dibalik keberlanjutan kehidupan masyarakat. Tanpa petani, mungkin sudah banyak orang kelaparan karena tidak mendapatkan pasokan makanan. Namun, pernahkah juga kita berpikir bahwa petani yang ada saat ini sudah sejahtera?

Dewasa ini, banyak pemuda yang mulai tertarik dengan isu agrikultur serta mengembangkan gagasan inovatif untuk merubah pola rantai makanan yang sudah ada. Mereka menjadi yang terdepan untuk mengurangi sampah sisa makanan yang berlebih, meningkatkan produktivitas tanaman, mengembangkan teknologi terbarukan hingga mengembangkan pertanian urban yang berkelanjutan secara mendunia. 

Pemuda ini datang dari berbagai macam latar belakang dengan gagasan yang unik, prespektif yang baru serta pendekatan pendekatan inovatif untuk menjaga sistem pangan global. Berikut ini, akan dipaparkan beberapa entrepreneur muda yang berkonsentrasi terhadap pertanian serta pangan. Visi mereka adalah membangun lingkungan yang berkelanjutan, mendukung kesejahteraan petani serta sebagai alat untuk memperkuat kondisi pangan.

Pemuda Untuk Pertanian Dunia
Sumber Gambar: keolamagazine.com

Jamilla Abbas, Kenya

Jamilla merupakan CEO & Co Founder dari M-Farm. Sebuah perusahaan virtual yang membantu para petani untuk bisa mendapatkan pembeli secara langsung lewat informasi SMS. Selain itu, petani yang terafiliasi pada sistem dari M-Farm ini juga bisa saling sharing pengalaman mereka, memberikan saran, bertanya-tanya tentang industri pertanian hingga mendapatkan pembeli yang potensial. Jamilla terpilih sebagai 2013 Ashoka Fellowship, 2015 Aspen New Voices Fellow & Quartz Africa Innovator.

Onyeka Akumah, Nigeria

Merupakan Founder dari Farm Crowdy. Platform digital pertama dalam bidang pertanian di Nigeria. Tujuan dari platform  ini adalah menghubungkan petani-petani kecil dengan investor yang ingin menginvestasikan modalnya. Program ini memiliki tujuan untuk mensponsori pertanian serta meyakinkan petani untuk terus bertani mulai dari menanam hingga memanen. Ketika panen dijual ke pasar, hasilnya akan dibagi 3 antara petani, pemodal dan Farm Crowdy. Pemodal dapat menerima perkembangan pertanian lewat dokumen, gambar hingga video. Perusahaan ini memiliki lebih dari 1000 pemodal di Nigeria, Amerika Serikat, hingga Inggris Raya yang telah membantu lebih dari 2000 petani di Nigeria.

Alli Cecchini, Amerika Serikat

Merupakan Eksekutif Direktur dari First Generation Farmers (FGF). Perusahaan ini menciptakan program Afterschool, kemah musim panas, agrowisata serta program sehari menjadi petani. FGF sendiri telah menempatkan ratusan orang ke pertanian mereka di California tiap tahunnya. FGF juga menjalankan program pertanian urban berkelanjutan serta program pertanian organik, pelatihan dasar bisnis produksi pertanian. Hal ini memiliki visi agar generasi selanjutnya dapat lebih peka terhadap isu pertanian serta urban farming.

Alfredo Costilla Reyes, Meksiko

Menuntaskan studinya di bidang komputer dan elektro. Alfredo juga merupakan Founder dari Bit Grange, sebuah sistem hidroponik yang bisa digunakan hanya dengan mengandalkan lampu led. Sistem ini menggunakan software canggih yang mampu melakukan evaluasi terhadap variabel lingkungan seperti temperatur dan cahaya. Teknologi ini akan terkoneksi langsung ke gawai anda dan memberikan pemberitahuan jika harus melakukan tindakan ringan. Seperti, memberikan air atau nutrisi bagi tanaman. Hanya dengan melakukan 4 proses sederhana Plant- Connect – Sync & Play, Bit Grange akan memberikan akses yang cukup mudah bagi para penggunanya. Selain itu juga Bit Grange disisipi fitur-fitur unik supaya banyak anak muda yang tertarik dan mau berpartisipasi dalam bidang pertanian. Castilla Reyes mendapatkan penghargaan dari pemerintah Meksiko sebagai Pemuda Negara atas karya dan prestasinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
− 3 = 1

shares