Mudah dan Murah, Tingkatkan Daya Pikir dengan Sayuran Hijau Berlutein

Mudah dan Murah, Tingkatkan Daya Pikir dengan Sayuran Hijau Berlutein

Tanihub.com – Ya, Anda tidak salah membaca. Meningkatkan daya pikir dapat dilakukan dengan cara yang murah dan mudah. Setidaknya itu kesimpulan dari sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Frontiers in Aging Neuroscienclahe.

Penelitian yang melibatkan 60 orang dewasa berusia 25-45 tahun ini mengungkapkan bahwa partisipan dengan usia paruh baya dengan tingkat lutein–nutrisi pada sayuran hijau, alpukat, dan telur–tinggi memiliki respons saraf yang sama baiknya dengan partisipan muda.

Baca juga: Vitamin C Tinggi Tidak Hanya Ada di Jeruk, Buah-buahan Ini Juga Lho!

Naiman Khan, Profesor Kinesiologi dan Kesehatan Masyarakat dari Illinois mengatakan bahwa data menunjukan bahwa sayuran hijau, alpukat, dan telur mungkin saja membawa manfaat kognitif.

“Sebagai orang yang semakin berusia, tentu mereka mengalami ciri penuaan yang khas. Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa proses ini bisa datang lebih awal dari dugaan kita,” ujar Anne Walk, penulis utama jurnal tersebut.

Walk menjelaskan bahwa penelitian mereka bertujuan untuk memahami bagaimana sayuran memengaruhi kognisi manusia. “Jika lutein dapat melindungi kita dari penuaan, tentunya kami akan mendorong orang lain untuk mengkonsumsi makanan kaya lutein,” tambah Walk.

Lutein sendiri tidak diproduksi oleh tubuh, tetapi didapat oleh manusia melalui sayuran.

Lutein terakumulasi di dalam jaringan otak dan mata. Hal ini lantas memungkinkan peneliti untuk mengukur tingkatan tanpa bergantung pada teknik invasif—tindakan medis yang bersifat ‘melukai’ jaringan tubuh manusia.

Mengukur lutein

Para peneliti mengukur lutein dalam mata dengan cara meminta partisipan untuk melihat ke arah tertentu, tempat peneliti menyiapkan alat dengan cahaya yang berkedip. Dengan menggunakan elektroda yang dipasangkan di kepala, para peneliti kemudian dapat mengukur aktivitas saraf di otak para partisipan yang kemudian diminta untuk mengerjakan tugas dengan konsentrasi penuh.

Baca juga: Sering Dibuang, Bagian-bagian Buah dan Sayur Ini Justru Banyak Manfaatnya

“Neuroelektrik peserta yang lebih tua, dengan kadar lutein yang lebih tinggi, tampak mirip dengan peserta muda, dibandingkan dengan teman sebaya mereka yang rendah lutein,” ungkap Walk.

“Lutein tampaknya memiliki peran protektif. Hal ini berdasarkan temuan bahwa orang yang memiliki lebih banyak lutein dapat melibatkan lebih banyak sumber kognitif untuk menyelesaikan tugas tersebut,” tambah Walk.

Alpukat memiliki kandungan yang mampu meningkatkan kognisi otak.

Nah, ketika penelitian mengatakan bahwa sayuran hijau dengan lutein tinggi mampu tingkatkan daya kognisi kita, sudah tidak ada lagi alasan untuk menolak mengonsumsinya. Kalau tidak suka dengan sayuran hijau, konsumsi saja alpukat atau telur. Kami sarankan beli hasil tanam tersebut langsung dari petani lokal agar manfaatnya tidak hanya bagi Anda, melainkan juga sekalian dapat membantu petani. Mudah kok, beli saja dengan aplikasi yang memang menghubungkan kita dengan para petani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares