Kupas 7 Manfaat Daun Kelor Bersama TaniHub

Kupas 7 Manfaat Daun Kelor Bersama TaniHub

Moringa oleifera atau yang lebih kita kenal dengan nama daun kelor merupakan tanaman dengan berbagai manfaat yang sudah diakui kegunaannya secara medis. Manfaat daun kelor ini bisa kamu nikmati dengan berbagai cara, baik dalam bentuk makanan atau murni obat-obatan herbal. Nah, apa saja sih manfaatnya? Yuk kita intip bareng 7 manfaat daun kelor!

Asal-usul Tanaman Kelor

Tanaman kelor, menurut peneliti dari Kelompok Peneliti Pemuliaan Tanaman dari Balai Penelitian Rempah dan Obat Kementerian Pertanian, Adi Setia, menuturkan bahwa tanaman ini menyebar ke wilayah Asia Tenggara melalui wilayah India bagian utara. Biarpun memiliki iklim yang berbeda, namun nyatanya tanaman ini dapat berkembang dengan baik di Indonesia, khususnya di wilayah timur seperti Sulawesi dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Asal usul daun kelor

Sejak jaman dulu, tanaman ini sudah dikenal luas di hampir seluruh wilayah Indonesia, banyak yang meyakini manfaat daun kelor sebagai obat dan bahan pangan. Mulai dari daun, biji, buah, sampai kulit batangnya, semua bisa digunakan. Namun ternyata masih banyak yang belum sadar akan semua khasiat tanaman ini, khususnya bagi orang-orang yang tinggal di perkotaan. Tapi jangan takut, bersama-sama kita akan kupas 7 manfaat daun kelor!

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Mengurangi kadar kolestrol

Kandungan zat hiocarbamate glikosida dan nitrlie pada daun kelor memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Dengan menjaga kedua hal tersebut, kamu bisa menurunkan risiko berbagai penyakit yang mungkin datang, mulai dari penyakit jantung, hipertensi, stroke, dan masih banyak lagi. Banyak peneliti yang mengungkapkan bahwa manfaat daun kelor untuk menurunkan kadar kolesterol mirip dengan manfaat almond dan oats yang dikonsumsi secara rutin.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun kelor menekan kadar gula

Kadar gula darah yang tinggi menjadi pintu masuk bagi masalah kesehatan seperti diabetes, gagal ginjal, hingga penyakit jantung. Banyak cara digunakan untuk menghindari hal tersebut dan salah satunya adalah dengan menggunakan daun kelor. Peneliti meyakini bahwa salah satu manfaat daun kelor adalah menjaga kadar gula darah seseorang berkat kandungan isothiocyanates di dalamnya. Penelitian lebih lanjut menunjukan, 6 penderita diabetes yang mengkonsumsi 50 gram daun kelor secara rutin mengalami penurunan gula darah sebesar 21%!

3. Kaya Akan Nutrisi

Dengan kandungan nutrisi yang cukup lengkap, tidak heran kalau manfaat daun kelor sangat terasa ketika dikonsumsi secara rutin oleh tubuh kita. Menurut penelitian, daun kelor terdiri dari nutrisi sebagai berikut:

  • Protein
  • Karbohidrat
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Kalium
  • Kalsium
  • Vitamin A
  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Folat
  • Fosfor
  • Selenium

Selain berbagai kandungan nutrisi di atas, daun kelor juga memiliki kandungan polifenol dan zinc yang juga berguna bagi tubuh. Dengan kandungan-kandungan tersebut, apa kamu masih meragukan khasiat dari daun kelor?

4. Menurunkan Risiko Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang sebisa mungkin kita ingin hindari. Selain berbahaya, penyakit ini juga membutuhkan penanganan ekstra yang pastinya akan menyita waktu dan materi kita semua. Tapi tidak perlu panik, ternyata usut punya usut manfaat daun kelor juga mencakup penurunan risiko kanker loh. Menurut jurnal Oncology Letters, ekstrak daun kelor memiliki khasiat untuk meringankan dan menurunkan risiko terkena penyakit kanker secara alami. Dengan kata lain, konsumsi rutin daun kelor bisa jadi salah satu alternatif yang kamu coba, tentunya harus diimbangi dengan gaya hidup sehat lainnya!

5. Meningkatkan Kualitas ASI

Daun kelor meningkatkan kualitas asi

Manfaat daun kelor yang satu ini sangat berguna untuk kamu yang baru saja melahirkan! Daun kelor yang kaya akan kandungan flavonoid dan protein akan meningkatkan kualitas dari Air Susu Ibu (ASI). Dengan ASI yang lebih baik, maka imunitas dan pertumbuhan bayi akan jadi lebih terjaga. Selain baik untuk bayi, konsumsi daun kelor juga penting bagi si ibu, karena kebutuhan nutrisinya akan tetap terjaga selama masa menyusui berlangsung. Psst, apa kamu tahu kalau kandungan zat besi pada daun kelor itu 25 kali lebih tinggi dibandingkan dengan daun bayam?

6. Kaya Antioksidan

Radikal bebas adalah salah satu bahaya kesehatan yang sering kita lupa atau tidak sadari. Jika sudah terpapar dengan radikal bebas dalam jumlah besar, tubuh akan mulai terkena penyakit-penyakit kronis seperti diabetes melitus tipe 2 hingga penyakit jantung. Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk menghindari hal tersebut? Salah satu hal yang kamu bisa lakukan adalah mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan. Nah, kebetulan daun kelor merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan zat tersebut. Ditambah dengan kandungan nutrisi lainnya, manfaat daun kelor untuk menangkal segala penyakit jadi makin besar.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Gangguan penglihatan pada mata seperti, mata plus, minus, silinder, dan katarak ternyata bisa kamu hindari dengan daun kelor! Dengan kandungan vitamin A yang tinggi, risiko gangguan penglihatan tadi bisa berkurang dan mata jadi lebih sehat dan jernih dibandingkan sebelumnya. Ini adalah salah satu manfaat daun kelor yang jarang diketahui orang, karena masih banyak yang percaya bahwa kesehatan mata hanya bisa dilakukan dengan mengkonsumsi buah-buahan seperti pepaya.

Contoh Olahan Daun Kelor Yang Bisa Kamu Coba

Nah, setelah tahu apa saja manfaat daun kelor, sekarang saatnya kamu tahu contoh olahan daun kelor yang bisa kamu langsung coba. Umumnya banyak yang mengeringkan daun ini sebagai teh, padahal kamu bisa mengolah daun ini jadi berbagai makanan lezat lainnya seperti:

Makin penasaran dengan daun kelor? Gausah susah-susah ke kebun, kamu bisa langsung dapatkan daun kelor dengan mudah hanya di TaniHub!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
76 − = 74

shares