Manfaat Apel Malang dan Apel Manalagi!

Manfaat Apel Malang dan Apel Manalagi!

Kalau sedang jalan-jalan ke daerah Malang, sudah pasti ada satu buah yang terlintas di pikiranmu: Apel! Terkenal sebagai salah satu sentra penghasil apel terbesar di Indonesia, ternyata Malang memiliki varietas apel yang beragam, loh. Tapi dari semua varietas itu, ada 3 nama apel yang menonjol. Yaitu, apel  malang dan apel manalagi. Kenapa sih kedua apel itu terkenal dan apa saja manfaat yang dimiliki kedua apel tersebut? Yuk, langsung kita kupas tuntas manfaat apel malang dan jenis-jenisnya sekarang!

Asal-usul Apel Malang

sebagai salah satu jenis apel kebanggaan kota Malang, ternyata apel ini punya nama lain yaitu: apel anna! Varietas ini sengaja dibuat supaya petani apel di daerah tropis bisa membudidayakan apel golden delicious (salah satu varietas apel terkenal di Amerika). Karena tumbuh di iklim tropis, apel ini mengalami perubahan secara fisik baik dari bentuk dan warna, serta rasa. Berukuran sedang dengan perpaduan warna hijau dan merah, apel ini memiliki cita rasa manis yang agak asam sehingga sangat cocok untuk langsung dimakan, atau diolah menjadi pie apel! Nah, setelah tahu asal-usulnya, saatnya kita cari tahu apa sih manfaat apel malang?

Manfaat Apel Malang

Sebelum menelaah lebih jauh manfaat dari apel malang, alangkah baiknya kalau kita tahu terlebih dahulu kandungan nutrisi dari buah ini. Apel ini mengandung vitamin A, vitamin B, zat besi, kalsium, polifenol, dan fosfor. Dengan kandungan nutrisi tersebut, apel malang memiliki manfaat sebagai berikut:

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting perannya bagi kehidupan kita. Banyak hal yang bisa menyebabkan kesehatan jantung terganggu, mulai dari pola hidup yang buruk hingga makanan yang tidak sehat. Untuk tetap menjaga kesehatan jantung, alangkah baiknya kita rajin berolahraga dan rutin mengkonsumsi apel. Kenapa apel? Manfaat apel malang terletak pada kandungan polifenol yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, selain itu polifenol juga dapat menurunkan tekanan darah dan risiko serangan stroke. Ayo mulai hidup sehat sekarang juga!

  1. Mencegah Konstipasi

Selain kaya akan nutrisi, apel malang juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat tersebut dapat membantu proses pencernaan dan mencegah konstipasi yang pastinya ingin kita hindari sebisa mungkin. Manfaat apel malang yang satu ini jarang diketahui orang loh, padahal pencernaan yang baik bisa langkah pertama untuk hidup yang lebih sehat.

  1. Menurunkan Berat Badan

Selain mencegah konstipasi, kandungan serat dalam apel malang juga membantu mengendalikan kadar gula dalam darah loh. Ditambah fitonutrien yang mengontrol kadar lemak, secara tidak langsung kamu sudah mengontrol tiga komponen utama penyebab naiknya berat badan yaitu, gula, lemak, dan serat. Dengan terjaganya berat tubuh, maka kamu juga telah mengurangi risiko terkena penyakit yang berbahaya seperti ginjal hingga stroke.

Eh, apa kamu tahu? Ternyata apel malang punya varian versi kecilnya loh, namanya apel cherry malang! Biar pun lebih kecil, tapi manfaatnya sama dong dengan versi normalnya dan cocok buat kamu yang merasa apel malang terlalu besar untuk dibawa sebagai bekal! Jadi ga ada lagi alasan kamu ga makan apel tiap hari.

Asal-usul Apel Manalagi

Apel manalagi ini punya dua nama lain loh, Malus sylvestris dan apel hutan! Tapi jangan takut, apel manalagi yang ini sudah  dikembangkan sedemikian rupa sehingga aman untuk dikonsumsi dan rasanya sudah pasti lezat. Pasti kamu bertanya-tanya kan kenapa warna kulit apel ini bukan merah? Warna kuning agak pucat pada apel malagi muncul akibat suhu udara yang dingin ditambah dengan curah hujan yang tinggi di daerah Malang. Konon katanya, bibit apel ini dibawa pertama kali pada tahun 1930 oleh Belanda dari Australia dan Asia Tengah. Setelah berpuluh-puluh tahun, kini apel manalagi menjadi salah satu komoditas penting di kota Malang! Apa saja sih manfaat apel manalagi ini?

Manfaat Apel Manalagi

Kandungan nutrisi pada apel manalagi tidak berbeda jauh dengan saudaranya, apel malang. Yang membedakan kandungannya adalah adanya beta karoten, vitamin C dan vitamin K, apel ini juga memiliki kandungan air yang lebih sedikit. Lalu bagaimana dengan manfaat apel manalagi? 

  1. Sumber Antioksidan

Kandungan beta karoten pada apel manalagi merupakan salah satu sumber antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Antioksidan akan menangkal radikal bebas yang bisa berasal dari berbagai hal, dan mengurangi stres oksidatif di dalam tubuh. Kenapa hal ini penting? Radikal bebas merupakan salah satu sumber timbulnya penyakit-penyakit berat seperti kanker, dan berbeda dengan bakteri atau virus, radikal bebas lebih mudah menyerang tubuh kita. Karena itulah manfaat apel manalagi yang satu ini sangat penting untuk kita.

  1. Melawan Asma

Selain menangkal radikal bebas, manfaat apel manalagi juga mencakup pencegahan kerusakan sel pada tubuh dan melindungi paru-paru dari kerusakan oksidatif, dengan kata lain memperkecil risiko penyakit asma. Kandungan flavonoid pada apel manalagi juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari reaksi alergi yang memicu asma.

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Penelitian yang bertajuk Anthocyanins and Their Role in Cancer Prevention menyimpulkan bahwa fitonutrien pada apel dapat membantu melindungi tubuh hewan dari kanker paru dan usus. Tentu saja kita memiliki organ yang berbeda dari hewan, namun penelitian tersebut memberikan harapan baru bagi kita. Selain itu, flavonoid pada apel ternyata dapat mengurangi risiko terjadinya kanker pankreas. Studi lain yang berjudul Annals of Oncology juga mengemukakan penemuan bahwa konsumsi rutin buah apel setiap hari dapat menurunkan risiko kanker kolesterol dan kanker payudara hingga 20%!

Ternyata banyak kan manfaat yang bisa kita dapatkan dari apel malang dan apel manalagi? Biar kamu makin sehat, yuk dapatkan segera dapatkan kedua apel tersebut dengan mudah hanya di TaniHub!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
44 + = 54

shares