Makanan Sehat, Kebutuhan atau Gaya Hidup?

Makanan Sehat, Kebutuhan atau Gaya Hidup?

Makanan sehat merupakan kebutuhan utama manusia sehari-hari yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupannya. Tanpa adanya makanan sehat, manusia tidak bisa menyambung hidupnya. Makanan yang dibutuhkan manusia berasal dari sumber alam yang sama, entah itu dari sumber pangan nabati atau sumber pangan hewani. Dengan sumber pangan yang jelas, seluruh manusia yang ada di dunia ini bisa mendapatkan nutrisi yang baik bagi tubuhnya.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang ada di dunia ini, pola serta gaya hidup manusia pun ikut berubah. Tentunya, hal ini juga akan merubah pola makan manusia. Makanan cepat saji, makanan dengan bahan pengawet serta bahan kimia lainnya menjadi salah satu perubahan pola makan yang ada. Banyak manusia saat ini yang kurang sadar dan tidak memperhatikan dari mana sumber makanan mereka berasal. Bisa saja, makanan yang mereka konsumsi sehari-hari terkandung bahan kimia dengan jumlah yang signifikan di dalamnya.

Tetapi ternyata, masih ada beberapa komunitas yang peka dan peduli terhadap kondisi kesehatan pangan yang ada di dunia ini. Berlokasi di Chicago, Amerika Serikat terdapat sebuah pasar yang bernama Chicago’s Fresh Moves Mobile Market (CFMMM). Ini merupakan bus tua yang direnovasi menjadi pasar dan menjajakan berbagai macam makanan, buah serta sayuran segar. Bus ini selalu berjualan ke sekolah-sekolah, komunitas maupun pusat kesehatan tiap minggunya.

Program ini berdiri berkat inisiatif dari Urban Growers Collective (UGC). Salah satu komunitas pertanian dan perkebunan urban di Chicago. CFMMM merupakan salah satu program utama yang sudah berjalan dari beberapa program yang ada. Pendiri dari UGC, Laurell Sims & Erika Allen sangat bangga dengan program ini yang telah sukses berjalan. Program ini sangat didukung penuh oleh pemerintah Chicago karena menjalankan program pangan sehat bagi seluruh masyarakat. Pada awalnya, program ini hanya merupakan prototype dari pemerintah untuk beberapa anak muda di Chicago untuk mendukung program pola makan sehat serta pertanian organik. Tetapi, tidak ada satu pun yang menyangka bahwa program ini menjadi salah satu program yang memiliki dampak sosial besar di Chicago.

CFMMM ingin memberikan akses makanan organik dan sehat ke seluruh komunitas dan masyarakat sekitar dengan mudah. Selain itu, aspek instan juga menjadi fokus CFMMM agar masyarakat dan komunitas bisa mendapatkan sehat yang bisa langsung dikonsumsi. Tidak hanya itu, sayur dan buah segar juga tersedia di dalam bus ini.

Menurut Sims, rata-rata  program ini dapat menjual makanan kepada 150 hingga 200 orang tiap minggunya. Beberapa diantaranya terkadang membeli sekitar 4.5 hingga 9 kilogram makanan. Terkadang pembeli membeli produk dalam jumlah satuan maupun kiloan. Dalam berjualan, Sims dan Allen selalu menyampaikan informasi mengenai makanan sehat ke tiap-tiap daerah yang dikunjungi. 

Tidak hanya itu, dalam mengembangkan kondisi sosial yang memiliki dampak positif ke masyarakat banyak, UGC juga memiliki pertanian khusus serta bekerjasama dengan pertanian sekitar. UGC juga menyediakan program bagi anak-anak muda yang ingin belajar atau magang dalam bidang pertanian dapat langsung bekerja di pertanian tersebut. 

Sims selalu menyatakan bahwa visi dari organisasi ini adalah memberikan makanan sehat kepada setiap orang. Makanan sehat merupakan makanan yang tumbuh secara organik tanpa tambahan produk kimia apapun. Sims juga menyatakan bahwa mereka tidak pernah kesulitan ketika musim dingin tiba karena mereka memiliki rumah kaca yang mampu menanam beberapa produk yang bertahan pada musim dingin yang diproduksi serta dijual khusus di CFMMM.

Ternyata seiring berkembangnya zaman, pola makan dan gaya hidup manusia dapat diubah menjadi lebih sehat. Kembali lagi bagaimana diri kita yang mau berubah untuk menjadi lebih sehat dan baik lagi, karena fasilitas makanan sehat sudah tersedia hampir di seluruh tempat. Mulai ubah diri kita sendiri, dengan berubah menjadi lebih baik maka akan pula berdampak kepada kondisi lingkungan-sosial sekitar kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
94 − 90 =

shares