Lakukan Cara Ini, Agar Anak Cinta Sayur-Sayuran

Lakukan Cara Ini, Agar Anak Cinta Sayur-Sayuran

Makanan, merupakan salah satu sumber nutrisi sehat yang dibutuhkan bagi kita. Banyak jenis asupan makanan yang dapat kita konsumsi setiap hari untuk mendapatkan gizi serta kesehatan yang baik. Sumber makanan pun dapat dikatakan cukup beragam, mulai dari sumber pangan hewani, nabati serta karbohidrat. Namun, masih banyak yang tidak menyadari untuk menolak makanan sehat dan lebih memilih makanan yang kurang sehat.

Tiap individu jelas memiliki preferensinya masing-masing, hal ini juga berlaku bagi makanan. Pilihan makanan tiap individu pun juga berbeda. Terutama anak-anak, memiliki pilihan tersendiri untuk memilih makanan. Kebanyakan anak-anak juga biasanya selalu menolak untuk mengonsumsi sayur. Hal ini terkadang membuat orang tua mengikuti kehendak anak-anaknya, sehingga tidak memberikan sayuran dan buah.

Sayur-sayuran untuk nutrisi anak
Sumber Gambar: food.ndtv.com

Sebuah penelitan di Australia yang dimuat dalam “Journal of Nutrition Education & Behavior” yang dipublikasikan oleh Elseveir menunjukan cara yang cukup ampuh untuk memberikan berbagai macam pilihan sayur yang bisa diterima dan dikonsumsi oleh anak-anak. Menurut peneliti dibidang pangan dari Australia konsumsi sayur pada anak telah mengalami peningkatan, namun belum mencapai titik target yang diharapkan.

Penelitian ini dilakukan dengan beberapa keluarga yang memiliki anak berusia 4-6 tahun dengan konsumsi sayur yang cukup rendah. Setelah itu, orang tua harus menyelesaikan survey online dan berpartisipasi untuk melakukan konsultasi dengan ahli di bidang pangan. Observasi yang cukup mendalam kemudian dilakukan oleh beberapa keluarga ini. 

Para peneliti kemudian memberikan berbagai macam varian sayur untuk kemudian diberitahukan fungsi dan manfaatnya bagi kesehatan kita. Setelah dikenalkan oleh berbagai macam jenis sayur, kemudian anak-anak diminta memilih jenis sayur yang benar-benar mereka sukai dan ingin mereka konsumsi. Hasilnya, kebanyakan anak lebih menyukai dan memilih brokoli, kembang kol serta kacang kapri.

Berdasarkan riset diatas, orang tua mulai harus membiasakan untuk memberikan sayur-sayuran tersebut untuk anak-anak mereka. Hal ini menghasilkan banyak respon positif. Banyak anak yang ingin mengonsumsi berbagai jenis sayur. Cara untuk menawarkan sayur pada anak ini cukup sukses dan anak-anak tersebut lebih banyak mengonsumsi sayur dari biasanya.

Setelah melakukan kegiatan diatas, orang tua diminta untuk memperbanyak porsi sayur yang akan dikonsumsi anak selama 3 hari dalam seminggu. Tidak hanya itu, orang tua juga diminta untuk memberikan ”rewards” sebagai ganjaran bagi anak yang menghabiskan sayurnya. Selain itu juga, orang tua diminta untuk mengolah sayuran dengan berbagai macam resep yang inovatif dan berubah-ubah setiap harinya agar si anak tidak merasa cepat bosan dengan sayur-sayuran yang dikonsumsi tiap harinya.

Baca juga: Comfort Food? Jadi Tenang & Nyaman Setelahnya!

Hal ini membuat anak-anak lebih menikmati dan senang untuk menyantap sayuran hijau serta meningkatkan indeks makanan sehat di negara tersebut. Ingin mencoba melakukan hal ini untuk anak anda? Sudah penuhi kebutuhan serat dan nutrisi sehat bagi mereka? Tidak perlu repot, cukup belanja di TaniHub dan kreasikan berbagai macam jenis sayur bagi keluarga anda. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
+ 81 = 87

shares