Ketemu Perempuan dengan 500 Tanaman di Apartemennya!

Ketemu Perempuan dengan 500 Tanaman di Apartemennya!

Mulai dari menanam satu jenis tumbuhan, tak terasa selama sebelas tahun perempuan ini telah hidup bersama lebih 500 tanamannya di dalam apartemen seluas 111 meter. Oaks panggilannya, ia terinspirasi dengan kehidupan masa kecilnya di sebuah pedesaan daerah Pennsylvania timur. Ia telah terbiasa hidup di daerah pertanian bersama hewan ternak dan buah-buahan segar yang dapat dinikmati sesuka hati. Kebiasaan itu akhirnya dibawanya hingga ke kota.

Alasan utama adalah kecintaannya terhadap pertanian dan lingkungan yang juga menuntunnya menjadi seorang aktivis lingkungan yang fokus pada perkembangan limbah garmen. Selain itu, perempuan bernama lengkap Summer Rayne Oaks ini juga bekerja sebagai head of marketing FoodStand sebuah aplikasi untuk diet dengan membentuk pola hidup sehat.

Di Apartemennya yang bergaya industrial, Oakes menanam berbagai macam tanaman dinding, sayur-sayuran dan tanaman rempah yang cocok dengan ekosistem dan suhu apartemennya. Sempat terpikirkan memang, jika bercocok tanam di dalam Apartemen merupakan hal yang tidak mungkin.

Lahan yang tidak luas, pencahayaan serta suhu adalah pertimbangan yang harus dipikirkan secara matang. Akan tetapi Oakes sangat merasa beruntung, ia memiliki dua jendela besar sebagai sumber cahaya bagi para tumbuhannya. Di daerah dekat jendela, Oakes sengaja menanam jenis rempah dan tanaman hias yang membutuhkan cahaya yang cukup.

Oakes juga cukup sadar, memutuskan bercocok tanam di dalam ruangan, berarti ada beberapa hal pula yang harus ia maksimalkan. Oaks pun mencoba beberapa cara untuk membuat tanamannya tetap hidup. Contohnya, ia memasang alat-alat vermicultur, kompos tempat sampah, sistem pencahayaan LED dan membangun sistem sub-irigasi untuk tanaman tertentu.

Sumber: Modern Farmer

Oaks menghabiskan waktu satu hingga dua jam sehari untuk menyirami tanaman-tanaman kesayangannya. Baginya, waktu merawat tanaman seperti sedang merawat kesehatan jiwannya sendiri. Ia dapat terlepas dari beragam aktivitas lain dan memfokuskan dirinya bersentuhan langsung dengan tumbuhan.

Sumber: Modern Farmer
Sumber: Modern Farmer

Di kamarnya, Oakes menanam banyak tanaman dinding yang ia rawat dengan sistem sub irigasi air. Sistem ini memungkinkan air mengalir dari wastafel dan menuju pipa bagian bawah tanaman, sehingga setiap waktu Oaks dapat dengan mudah memberi asupan kepada tumbuhannya.

Sumber: Modern Farmer

Oaks pun juga menanam tumbuhan eksotis di kebun indoor-nya, salah satunya nanas bayi ini.

Sumber: Modern Farmer
Sumber: Modern Farmer
Sumber: Modern Farmer
Sumber: Modern Farmer

Bagaimana tertarik menanam atau bercocok tanam di dalam ruangan? Kamu bisa lihat referensi lainnya di Instagram @sayajugapetani. Karena kini dimana pun kamu bisa menanam dan menjadi petani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
89 − 87 =

shares