Kenalan dengan Ciri & Manfaat Jeruk Keprok & Jeruk Baby!

Kenalan dengan Ciri & Manfaat Jeruk Keprok & Jeruk Baby!

Banyak orang yang masih bingung cara membedakan kedua jenis jeruk ini. Yuk kenali lebih jauh buah-buahan petani lokal dan juga manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita! Kali ini dengan Jeruk Keprok dan Jeruk Baby yang ada di TaniHub!

Ciri Khas Jeruk Keprok

Tahukah kamu jika Jeruk Keprok adalah nenek moyang dari berbagai jenis jeruk di dunia? Sebagai salah satu jenis jeruk yang sering dinikmati oleh orang Indonesia kadang kita sering sulit membedakannya dengan jeruk siam, kamu bisa membedakan jeruk ini secara fisik!

Via Shutterstock

Dari segi rasa, Jeruk Keprok memiliki rasa yang manis sedikit asam dan segar, berbeda dengan Jeruk Baby yang memiliki rasa manis yang kuat. Dari ciri fisik, Jeruk Keprok memiliki kulit yang mudah dikupas, pada umumnya berbentuk bulat, dan memiliki konde. Jika Jeruk Keprok ditanam di dataran tinggi ia bisa menghasilkan warna jingga yang segar. 

Manfaat Mengonsumsi Jeruk Keprok

Setelah mengetahui ciri khas Jeruk Keprok, pasti sangat ingin tahu apa manfaat dari Jeruk Keprok bukan?Manfaat Jeruk Keprok sudah tak terhitung lagi, bayangkan hampir semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh ada di dalamnya mulai vitamin A, B1, B2, dan C, alkaloid, polifenol, flavonoid, pektin, coumarin, saponin, asam folat, minyak atsiri, zat besi, kalium, potassium, fosfor, kalsium, nobiletin dan masih banyak lagi. 

Sederet jenis nutrisi di atas tentunya bisa menjaga daya tahan tubuh kamu dan keluarga tetap prima di situasi pendami seperti ini. Yuk, cek beberapa manfaat Jeruk Keprok bagi kesehatan yang bisa kamu temui di bawah ini!

1. Menjaga Kadar Kolesterol

Jeruk Keprok kaya akan kandungan Nobiletin yang bisa dipercaya dapat menurunkan kandungan kolesterol di tubuh. Selain itu Nobiletin yang seimbang juga dapat membentuk berat badan ideal. Hal ini terjadi karena nobiletin memberikan kepekaan tubuh terhadap insulin dan juga lemak. 

2. Melindungi Pembuluh Darah

Berkat kandungan folat yang terdapat pada Jeruk Keprok dapat memberikan perlindungan terhadap integritas pembuluh darah. Mekanisme ini terjadi karena dorongan folat yang menurunkan homosistein ke dalam darah. Homosistein sendiri adalah asam amino yang jika berada dalam kadar tinggi di dalam darah bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan risiko penyakit kardiovaskular lainnya. 

3. Mengurangi Risiko Kanker

Jeruk Keprok telah dipercaya memiliki manfaat anti angiogenik dan anti tumor. Selain konsumsi daging buahnya yang memang memiliki banyak manfaat. Ternyata kulit jeruk ini juga telah diteliti dapat menjadi salah satu komponen untuk mencegah kanker.  School of Chemical and Biomolecular Engineering melakukan investigasi dan menemukan bahwa terdapat senyawa bioaktif yang terdapat dalam kulit jeruk. Namun School of Chemical and Biomolecular Engineering telah membuktikan bahwa ekstrak kulit jeruk dapat mencegah perkembangan sel kanker untuk bermutasi. 

4. Menjaga Daya Tahan Tubuh 

Jeruk Keprok memiliki kandungan vitamin B kompleks yang berguna sekali untuk melindungi tenaga dan juga melindungi saraf. Sebagian dari type vitamin B kompleks bisa untuk ditemukan pada jeruk seperti vitamin B1, B2, B3, B5 dan folat. Tidak seluruhnya buah memiliki kandungan vitamin B-kompleks, vitamin ini sangatlah jarang ditemukan di dalam buah-buahan lainnya. Oleh karena itu, mengonsumsi buah ini sangatlah baik sekali jika dikonsumsi dengan rutin. 

5. Melindungi Kesehatan Gigi

Kadang gula atau buah yang manis dianggap dapat merusak gigi, namun Jeruk Keprok sangat aman untuk dikonsumsi dan tidak akan merusak gigi. Karena vitamin A yang ada dalam Jeruk Keprok bermanfaat untuk kekuatan gigi. 

Mengenal Jeruk Baby Manis

Tahukah kamu kenapa Jeruk ini dinamakan Jeruk Baby? Apa karena bentuknya yang kecil? Nah perlu kamu ketahui Jeruk Baby dijuluki seperti karena kandungan asam pada Jeruk Baby lebih rendah 50% dibandingkan Jeruk lainnya. Karena itu juga Jeruk Baby aman dinikmati oleh si kecil di rumah.

Ciri Khas Jeruk Baby

Ciri khas Jeruk Baby dari segi kulit dan bentuk bagian luarnya adalah berwarna hijau atau orange cerah dan memiliki kulit yang tebal. Tapi walaupun tebal, serat pada Jeruk ini amat banyak sehingga membuat tekstur dagingnya tetap lembut. Sedangkan jika dilihat dari dalam, daging Jeruk Baby berwarna kuning pucat segar. Lalu bagaimana manfaat Jeruk Baby?

Via Shutterstock

Manfaat Mengonsumsi Jeruk Baby

1. Mencegah dan Menyembuhkan Sariawan

Sariawan adalah suatu luka kecil pada mulut yang tidak menular, namun jika kita sedang mendapatkan si kecil ini rasanya amat tidak nyaman. Nah, kamu bisa mencegah atau menangani sariawan dengan kandungan Vitamin C yang tinggi pada buah Jeruk Baby. Tapi harus rutin ya mengonsumsinya! 

2. Mencegah Diabetes

Tenang, manisnya Jeruk Baby tidak akan membuatmu mengidap diabetes. Pahlawannya adalah Fruktosa dan serat pada Jeruk Baby. Kandungan Fruktosa bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah tetap normal. Ajaib kan manfaatnya? Jadi kalau sekarang kamu lagi pengen yang manis-manis, bisa beralih dengan menikmati perasan Jeruk Baby yang segar.

3. Menenangkan Saraf dan Otot

Sedikit yang tahu tentang manfaat Jeruk Baby yang satu ini. Kok bisa sih? Jeruk Baby yang mengandung zat Fitonutrien, ternyata dapat membantu menenangkan saraf dan otot dalam tubuh. Ini yang bikin saat setelah menyantap Jeruk Madu kita merasakan tenang dan nyaman setelahnya. Enak banget kan untuk meningkatkan mood di hari-hari yang melelahkan?

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sebagai buah yang memiliki rasa asam, tentu saja jeruk memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C yang terkandung dalam buah jeruk dapat berfungsi untuk melawan segala bakteri dan virus yang merugikan tubuh. Dengan mengonsumsi buah jeruk baby, kita bisa terbebas dari virus dan berbagai macam penyakit Mengingat penyebaran virus ini yang sangat cepat, ada baiknya jika kita banyak-banyak mengonsumsi buah jeruk agar imunitas kita tetap terjaga.

5. Menurunkan Kolesterol

Sebuah penelitian menyebutkan jika pada kulit Jeruk Baby terdapat kandungan nutrisi yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Ini bisa kamu manfaatin jika sehabis makanan dengan tinggi kolesterol untuk mengonsumsi Jeruk Baby. Jeruk Baby bisa jadi penyelamat dan menetralisir kadar kolesterol dalam tubuh. 

Jenis Olahan yang Dengan Bahan Jeruk Keprok dan Jeruk Baby

Via Nivin’s Kitchen
  • Puding Susu Jeruk
  • Es Jeruk Keprok
  • Bolu Orange
  • Brownies Kukus Jeruk Keprok
  • Es Jeruk Selasih
  • Jeruk Baby Yakult

Bagaimana? Sudah makin kenal dengan Jeruk Keprok dan Jeruk Baby karya petani Indonesia? Banyak banget kan manfaat kedua buah karya petani kita! Nah dapatkan semua Jeruk Keprok dan Jeruk Baby kualitas terbaik di website dan aplikasi TaniHub ya! Harga Jeruk Keprok dan Jeruk Baby mulai dari Rp18.000/kg. Yuk buruan kunjungi website dan aplikasinya sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
71 − 61 =

shares