Jenis Mangga Ini Jadi Primadona Karena Warna & Manfaatnya!

Jenis Mangga Ini Jadi Primadona Karena Warna & Manfaatnya!

Jenis mangga yang bervariasi terkadang membuat kita sulit membedakan varietasnya. Namun, ada beberapa jenis mangga yang memang memiliki bentuk, warna, dan karakteristik yang berbeda dan dapat dengan mudah menebak jenis mangga tersebut. Ada sekitar 13 jenis mangga yang sudah dikenal dan digemari oleh masyarakat Indonesia. Tetapi, kali ini TaniHub akan membahas dua jenis mangga yaitu Mangga Manalagi dan Mangga Irwin yang populer karena manfaat, rasa dan bentuknya!

Mangga Manalagi

Buah yang banyak dibudidayakan di daerah Probolinggo dan Situbondo, Jawa Timur ini memang memiliki rasa yang sangat manis, segar dengan aroma yang khas. Dagingnya tebal dan kenyal dengan warna kuning terang, memiliki ukuran sedang serta memiliki warna kulit hijau seperti pada buah mangga pada umumnya. Salah satu keunggulan dari buah mangga manalagi ini adalah, hampir tidak ada rasa asam!

Asal-Usul Nama Mangga Manalagi

Percaya nggak percaya, Mangga ini dinamakan manalagi karena ada orang yang mengatakan “Mangganya mana lagi?”. Karena ketagihan dengan rasa manis dan segarnya buah ini, orang tersebut jadi ketagihan dan ingin mengonsumsinya lagi dan lagi.

Manfaat Buah Mangga Manalagi

Setelah mengetahui ciri & karakteristik dari buah mangga manalagi, ada baiknya kita mengetahui manfaat dari buah mangga yang tersedia di TaniHub ini yuk!

  1. Memperlancar Sistem Pencernaan

Bagi kamu yang memiliki masalah pada sistem pencernaan, ada baiknya bagi kamu untuk mengonsumsi buah mangga yang satu ini! Serat halus yang terkandung di dalamnya mampu membantu sistem pencernaan menjadi lebih sehat, lancar dan terhindar dari sembelit.

  1. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Kalian tahu kan kalau buah mangga manalagi memiliki kandungan vitamin c yang cukup tinggi? Jadi jika kalian rutin mengonsumsi buah mangga secara wajar, kamu akan memenuhi asupan vitamin c alami yang dibutuhkan tubuh sehingga nutrisi tubuh menjadi terpenuhi, membuat tubuh menjadi lebih sehat, dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

  1. Mencegah Kanker

Sebuah penelitian mengemukakan bahwa kandungan pektin pada buah mangga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah serta mampu mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh. Risiko kanker prostat dan risiko kanker saluran pencernaan dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi mangga manalagi secara wajar.

Daging buah mangga yang menyegarkan, cocok diolah menjadi berbagai kudapan

Olahan Mangga Manalagi

Karena memiliki rasa yang manis dan segar, mangga ini cocok banget untuk dijadikan beberapa olahan makanan seperti;

  • Manisan Mangga 
  • Rujak Buah 
  • Smoothie atau Jus Mangga
  • Puding Mangga
  • Es Teh Mangga

Bisa jadi referensi untuk bikin hidangan spesial keluarga dari buah mangga nih. Selain rasanya yang manis, kamu juga bisa dapatkan sehatnya dari buah yang satu ini. Jangan lupa belinya di TaniHub ya!

Nggak cuma mangga manalagi, sekarang kita juga mau bahas Mangga Irwin yang jadi primadona karena warnanya yang super cantik dan rasanya yang manis!

Mangga Irwin dengan Warna Cerah

Mangga Irwin

Berbeda dari mangga-mangga lainnya, mangga irwin yang mempunyai nama latin (Maginfera Indica) ini memiliki kulit berwarna ungu cerah. Buah ini memiliki rasa yang manis dengan bentuk bulat dengan meruncing di bagian pangkalnya. Mangga yang berasal dari benua Australia ini, sekarang sudah dapat banyak ditemukan di Indonesia lho, kalau penasaran kalian bisa dapatkan di TaniHub.

Manfaat Mangga Irwin

Bukan hanya warnanya yang cantik dan rasanya yang manis. Buah mangga dengan kandungan air yang cukup tinggi ini juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita lho! Beberapa diantaranya adalah:

  1. Mengobati Diabetes

Kandungan flavonoid dan antosianin pada buah mangga irwin ternyata mampu mengobati penyakit diabetes! Namun, ada baiknya untuk para penderita diabetes untuk memperhatikan serta membatasi porsi mangga yang akan dikonsumsi.

  1. Memperkuat Tulang

Vitamin D yang terkandung dalam buah mangga irwin dapat membuat tulang tetap kuat dan mencegah kita dari pengeroposan tulang.

  1. Menjaga Kesehatan Mulut

Penyakit sariawan terkadang membuat kita risih karena sulit dalam melakukan aktivitas sehari-hari seperti berbicara, makan, hingga minum. Ternyata, mangga irwin memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi lho! Bahkan vitamin C pada mangga irwin dapat memenuhi 2 kali kebutuhan vitamin C harian.

Olahan Mangga Irwin

Dengan rasa yang manis, daging yang tebal serta kandungan air yang tinggi membuat mangga ini cocok diolah menjadi beberapa kudapan berikut:

Sudah kebayang kan kesegaran dari buah mangga irwin dan manalagi? Atau sudah punya rencana mau diolah jadi kudapan enak buat keluarga? Nggak usah kelamaan mikir, mendingan langsung beli mangganya di aplikasi TaniHub atau tanihub.com sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
11 + = 17

shares