Jaga Kesehatan Mata Kalian Dengan Makanan Ini

Jaga Kesehatan Mata Kalian Dengan Makanan Ini

Mata merupakan salah satu organ tubuh manusia yang memiliki peran penting visual. Maka dari itu, kita benar-benar harus menjaga kesehatan mata kita agar tidak cepat rusak atau sakit. Sering tidak kita sadari, ternyata dalam sehari kerja kita memiliki kerja yang cukup banyak. Mulai dari pekerjaan, polusi di jalanan hingga radiasi dari komputer, tablet, telepon seluler atau benda-benda elektronik dapat meningkatkan risiko dari kerusakan mata.

Mata kering dan perih merupakan salah satu tanda-tanda dari lelahnya mata kita. Hal ini harus segera kita antisipasi dengan menjaga kesehatan mata kita, seperti: membatasi waktu untuk melihat gawai, memberikan obat tetes mata hingga menerapkan pola makan yang sehat agar mata kita tetap sehat. Berbicara masalah pola makan, ada banyak sumber pangan yang dapat meningkatkan kesehatan mata kita loh.

Baca juga: Sehat Dengan Penuhi Kebutuhan Serat

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang membantu mata kita menjadi lebih sehat:

  • Jeruk: Vitamin C yang terkandung pada buah jeruk ini memiliki manfaat yang cukup baik untuk mata. Kandungan vitamin C pada jeruk mampu mencegah perkembangan dari penyakit katarak. Jika vitamin c pada jeruk ini dikonsumsi dengan nutrisi lain bisa mengatasi degenerasi pada makula yang biasanya dialami karena penurunan usia.
  • Buah Naga: Selain memiliki bentuk yang unik dan warna yang cerah, kandungan vitamin C pada buah naga ini mampu melindungi dan menyehatkan kornea mata kita.
  • Srikaya: Buah ini memiliki kandungan kalium serta vitamin C dan B yang cukup tinggi. Kombinasi dari nutrisi yang terkandung dalam buah srikaya ini mampu mengurangi kelebihan cairan di bawah kelopak mata yang biasanya membuat mata kita menjadi bengkak.
  • Manggis: Julukan Ratu Buah ini memang tepat diberikan kepada manggis. Selain memiliki rasa yang segar, nutrisi yang terkandung dalam buah manggis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Vitamin B kompleks yang terkandung didalamnya memiliki fungsi untuk mengatasi degenerasi pada makula.
  • Nangka: Selain memiliki rasa yang manis, buah nangka memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan berfungsi untuk mengurangi risiko katarak dan mengurangi degenerasi makula pada mata.
  • Paprika merah: Mengandung banyak vitamin A dan E serta kalori yang baik untuk kesehatan tubuh kita serta pembuluh darah bagi mata. Tidak hanya itu, paprika merah juga mampu menurunkan risiko katarak. Namun, jika paprika merah dimasak terlalu lama akan memecah vitamin yang terkandung di dalamnya.
  • Biji Bunga Matahari: Menurut data dari USDA (United States Department of Agricultural) menyatakan bahwa, tiap 1 ons biji bunga matahari terkandung setengah jumlah vitamin E. Jika dikonsumsi dengan nutrisi lain dapat memperlambat degenerasi makula dan mencegah katarak.  
  • Sayuran Hijau: Kale, Bayam dan Selada mengandung banyak lutein, karotenoid, zeaxanthin, serta vitamin C dan E. Nutrisi ini mampu menurunkan risiko dari penyakit mata.
  • Ikan Salmon: Omega 3 banyak terkandung dalam daging ikan salmon. Nutrisi ini mampu memperlambat degenerasi makula dan mencegah glaukoma.
  • Ubi Jalar: Warna jingga yang terkandung dalam ubi jalar menandakan bahwa umbi ini memiliki kandungan beta karoten yang cukup tinggi. Hal ini menandakan bahwa vitamin A yang terkandung dalam ubi jalar bisa membantu penglihatan pada malam hari.

Pentingnya menjaga kesehatan mata, ternyata bisa dimulai dari menjaga pola makan yang baik. Kalian juga bisa melakukan variasi terhadap makanan kalian sehari-hari. Yuk jaga kesehatan mata kalian mulai dari sekarang, dan belanja kebutuhan sayur untuk kesehatan mata kalian di TaniHub! Buka aplikasinya dan belanja sekarang! Ada cashback 100% untuk kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
+ 62 = 65

shares