Ini Lima Sumber Alami Untuk Turunkan Darah Tinggi!

Ini Lima Sumber Alami Untuk Turunkan Darah Tinggi!

Hipertensi atau darah tinggi seringkali datang tanpa sebuah pertanda, penyakit yang secara diam-diam ini kerap kali menyerang kapan saja. Sebagian orang tidak sadar beberapa makanan tinggi sodium dan natrium adalah pemicu hipertensi. Selain itu, terdapat beberapa faktor lain pemicu darah tinggi, seperti usia, kesehatan keluarga, dan obesitas, jika semakin parah masalah seperti gagal ginjal, stroke dan penyakit jantung bisa mengincar kita.

Nah, saatnya untuk menerapkan pola makan sehat dengan mengonsumsi beberapa makanan alami dari hasil tani yang mudah kamu temukan. Tentunya tinggi kadar kalium, potasium dan serat yang diyakini oleh para ahli dapat menekan risiko terkena hipertensi atau darah tinggi.

1. Sayuran Hijau

Kalium dapat membantu ginjal menyingkirkan lebih banyak natrium melalui urine. Contohnya: Selada, arugula, kubis, lobak hijau, sejenis sawi, bayam, dan bit hijau.

Sumber: Unsplash

2. Pisang
Buah paling kaya kalium, kamu bisa mencampurnya pada oatmeal untuk sarapan atau dijadikan snack sehat.

Sumber: Unsplash

3. Biji-bijian

Biji-bijian mengandung sepaket magnesium, kalium, dan mineral lainnya yang dapat mengurangi tekanan darah. Labu atau bunga matahari adalah camilan sempurna.

Sumber: Unspalsh

4. Bawang Putih

Si putih penyedap rasa ini ternyata dapat membantu mengurangi hipertensi dengan meningkatkan jumlah oksida nitrat dalam tubuh, oksida nitrat membantu meningkatkan vasodilatasi, atau pelebaran arteri, untuk mengurangi tekanan darah.

Sumber: Unsplash

5. Rempah-rempah

Selain menguatkan citarasa makananmu, memasukkan rempah-rempah seperti kemangi, thyme, rosemary dan kayumanis pada menu masakanmu bermanfaat mengurangi hipertensi.

Sumber: Unsplash

Selain dengan mengonsumsi hasil tani di atas, Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia juga menganjurkan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga, mengurangi asupan garam, dan mengurangi konsumsi alkohol serta kebiasaan merokok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
65 − = 62

shares