Ini Kenapa Menghargai Tanah yang Kita Tapak itu Penting

Ini Kenapa Menghargai Tanah yang Kita Tapak itu Penting

Tanah adalah tempat di mana semuanya bermula. Namun masih sedikit orang yang tahu jika tanah yang kita pijak ini termasuk sumber daya tidak terbarukan. Bayangkan, untuk menciptakan 1cm tanah dibutuhkan waktu 1000 tahun. Hanya 1 cm loh!

Padahal kalau dipikir-pikir, tanah punya peran yang sama sekali tidak remeh buat kehidupan kita. Tanah hadir sebagai sumber pangan, menyaring kebutuhan air, dan tempat tumbuhnya beragam rempah yang menjadi sumber obat-obatan sejak zaman nenek moyang. 

Tanah juga telah lama menjadi sarana mata pencaharian para petani kita. Lebih dari 75% masyarakat di desa seluruh dunia menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian. Bagi bumi, tanah telah membantu beradaptasi dengan perubahan iklim hingga hari ini.

Bayangin deh, kalau tanah di Indonesia habis? Mungkin kamu tidak bisa menikmati buah atau sayur segar lagi setiap hari. Nah, simak lima peran tanah di bawah ini bagi kehidupan kita.

1. Merawat tanah = Menjaga ketahanan pangan

Di tahun 2050 populasi manusia akan bertambah, menurut data yang diluncurkan FAO, kebutuhan sumber pangan akan melesat 50% lebih banyak. Padahal 95% pangan yang kita nikmati hari ini, berasal dari tanah yang kita pijak. Kandungan nutrisi pada tanah secara langsung memengaruhi tanaman yang tumbuh di dalamnya. Semakin sehat tanah semakin baik panennya.

2. Merawat tanah = Biodiversitas yang lebih baik

Dalam satu sendok tanah ada lebih jutaan organisme yang hidup dibanding jumlah manusia di bumi. Bisa dibilang tidak ada lagi tempat di dunia ini, sepadat tanah. Mempertahankan kondisi tersebut, melestarikan keragaman hayati bisa jadi solusi untuk pertanian. Seperti menerapkan pertanian organik, rotation grazing, pergiliran tanaman, dan pertanian konservasi.  

3. Merawat tanah = Mengurangi gas rumah kaca

Ketika dikelola secara berkelanjutan, tanah memainkan peran penting dalam mitigasi perubahan iklim dengan menyerap karbon dan mengurangi emisi gas rumah kaca menuju atmosfer. 

4. Merawat tanah = Air bersih

Tanah yang sehat dengan kadar kandungan bahan organik yang tinggi juga mendukung penyimpanan air dalam jumlah besar. Sehingga membantu tanaman mengatasi kekeringan dan beradaptasi dengan curah hujan ekstrem.

5. Merawat tanah = Semakin banyak obat-obatan alami

Lebih dari 500  Antibiotik berasal dari mikroba tanah, bahkan salah satu yang paling banyak digunakan seperti penisilin berasal dari mikroorganisme tanah.

Saat kamu sedang membaca artikel ini, faktanya 33 persen tanah mengalami degradasi dari tingkat sedang hingga tinggi disebabkan erosi, penipisan unsur hara, pengasaman, salinasi, pemadatan dan polusi kimia. 

Kepedulian kamu serta pilihan kamu untuk mengubahnya dapat memastikan keamanan pangan global saat ini dan masa depan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
48 − = 45

shares