Hal Penting Untuk Membangun Pertanian Sendiri!

Hal Penting Untuk Membangun Pertanian Sendiri!

Pernah nggak sih kalian kepikiran untuk bikin pertanian atau perkebunan sendiri? Atau memang, kalian sudah punya rencana untuk mendirikan pertanian dengan skala kecil? Jika memang kalian ingin atau memiliki rencana untuk mendirikan pertanian tersebut kalian tentu harus memperhatikan langkah-langkah paling utama dalam bisnis agrikultur ini. Ini adalah langkah terpenting jika kalian benar benar ingin menjalani bisnis dalam bidang apapun.

Lahan memang salah satu aspek yang paling penting jika kalian ingin menjalankan bisnis dalam bidang agrikultur, tetapi kalian harus mempunyai rencana jangka panjang dan niat yang mantap untuk melangkah. Memang mencari lahan itu sangat penting, tetapi coba perhatikan juga beberapa aspek-aspek dibawah ini.

  • Mempelajari bidang pertanian: Jangan salah langkah jika kalian ingin memulai bisnis ini. Pelajari dan cari tahu sebanyak-banyaknya dengan waktu yang kalian miliki. Mungkin tidak mudah, tetapi kalian harus benar-benar belajar tentang industri agrikultur. Kalian juga pasti akan mengalami trial & error, memakan waktu, biaya serta tenaga yang cukup besar. Tetapi jika kalian menekuninya secara sungguh-sungguh hasilnya akan sepadan dan memuaskan. Kalian juga mulai harus mencari ahli yang mengerti pertanian untuk berbagi pendapat entah itu komunitas ataupun pelaku. Cara lain adalah, kalian mencoba untuk menjadi volunteer dalam bisnis agrikultur. Ini akan menambah pengalaman serta networking dalam industri ini.
  • Membuat rencana pertanian: Ini merupakan bagian penting dari kegiatan bertani. Kalian harus memikirkan akan seperti apa pertanian kalian, sayur atau buah apa yang akan kalian tanam, pertanian dengan skala kecil atau skala besar, atau kalian ingin bertani sekaligus beternak? Atau mungkin kalian juga memiliki rencana pertanian ekowisata dimana pengunjung bisa langsung ikut terlibat dan melihat cara kerja dari petani.
  • Membuat rencana bisnis: Rencana bisnis merupakan langkah penting jika kalian ingin menjalankan sebuah bisnis. Kalian harus memastikan dan menentukan target market, supply & demand, serta segala hal yang berkaitan dengan kebutuhan pertanian seperti: kebutuhan operasional, struktur manajemen, analisis keuangan, serta produk dan harga. Rencana bisnis adalah kunci utama untuk memulai kegiatan bisnis. Kegiatan ini biasanya dimulai dengan brainstorm dan mengaplikasikannya secara langsung.
  • Mencari dana hibah & pinjaman: Jangan menggelontorkan biaya dalam jumlah besar jika kalian ingin memulai bisnis dalam bidang pertanian. Mulai dengan hal kecil untuk water testing dan coba kalian rasakan bagaimana dunia pertanian itu. Kalian bisa menggunakan sedikit dana bulanan kalian untuk melakukan investasi. Namun jika melakukan hal ini, jelas akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menginvestasikan segelintir dana dalam jumlah yang signifikan. Dana hibah dan pinjaman akan membantu pemula untuk membangun dan mengelola pertaniannya. Bantuan juga biasanya tersedia bagi para petani yang sudah berkembang. Tidak hanya dana talangan, biasanya ada perusahaan atau lembaga yang memberikan subsidi seperti peralatan, irigasi, pupuk dan bahan, mentoring dan banyak hal lainnya.
  • Mendapatkan izin dan lisensi untuk usaha: Ini merupakan langkah penting untuk membangun perusahaan. Mendaftarkan perusahaan kalian ke departemen terkait. Biasanya akan ada beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku dan harus kalian lengkapi. Biasanya beberapa kegiatan administrasi yang wajib kalian lengkapi adalah: mendaftarkan nama perusahaan kalian, mendapatkan lisensi untuk menjalankan usaha, mendapatkan nomor registrasi perusahaan dan memberikan perlindungan asuransi terhadap perusahaan.
  • Membuat rencana finansial: Kejelasan bisnis sangat dipentingkan dalam hal ini. Kalian harus memiliki rencana apakah perusahaan ini akan menjadi harta milik perseorangan, bisnis bersama atau hal lainnya? Kalian harus menemui ahli bisnis untuk mendapatkan informasi yang jelas, spesifik dan mendalam terhadap situasi yang ada. Rencana finansial ini merupakan sistem yang penting untuk melakukan pembukuan dan hal-hal akuntansi untuk memulai bisnis kecil yang anda miliki.

Bagaimana, setelah membaca ini apakah kalian sudah semakin siap dan mantap untuk mendirikan perusahaan pertanian kalian sendiri? Coba saja dulu dengan merencanakan hal kecil dan wujudkan impian kalian untuk menjadi petani.

#SayaJugaPetani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
5 + 5 =

shares