GridNetwork x TaniHub, Bersama Rayakan Hari Buah Nasional 2019

GridNetwork x TaniHub, Bersama Rayakan Hari Buah Nasional 2019

TaniHub.com – Dalam memperingati hari buah sedunia ini yang jatuh setiap tanggal 1 Juli, GridNetwork bersama TaniHub Point telah menggelar acara yang bertajuk “Fresh Fruit Fresh Idea” di Lobby Belakang Gedung Kompas Gramedia, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (1/7/2019).

Dalam acara tersebut TaniHub mengadakan acara bagi-bagi buah dan berbagai perlombaan menarik.

Untuk mendapatkan buah tersebut peserta cukup follow akun Instagram @tanihub

Kemudian ekspresikan tema “Ajakan mendukung petani Indonesia bersama TaniHub” dengan berpose dan foto pada booth pameran.

Baca juga: Mencuci Buah dan Sayur, Inilah Cara yang Benar

Terakhir unggah foto tadi baik pada Instagram Story/Feed, tak lupa berikan caption dan hashtag sesuai tema, serta mention pada akun @tanihub dan @grid.network.

Dengan menunjukan hasil unggahan, kita sudah bisa langsung mendapatkan buah segar yang didapat langsung dari petani lokal Indonesia.

Foto: Bhisma Adinaya

Di saat yang sama, berbagai games seru juga dilakukan diantaranya ada lomba makan buah tanpa ekspresi, lomba tebak gambar, dan yang terakhir lomba makan buah menggunakan sumpit.

Hadiah yang diberikan pun tak kalah menarik yaitu bingkisan komplit berbagai buah di acara tersebut.

Perlu diketahui, memilih bahan pangan lokal selain harganya yang relatif lebih murah, juga dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi kesehatan.

Melansir Kompas.com, pakar ilmu gizi dari Intitut Pertanian Bogor (IPB), Profesor Ahmad Sulaiman mengatakan mengonsumsi buah dan sayuran lokal, tidak hanya akan mendapatkan nutrisi yang lebih tinggi, tetapi juga dapat membantu mencegah penyakit mematikan.

Baca juga: Panen Perdana Tomat TW Binaan TaniFund

“Memperbanyak konsumsi buah dan sayur-sayuran lokal sebenarnya dapat dijadikan upaya mencegah penyakit-penyakit tidak menular dan penyakit kronis seperti diabetes, jantung, stroke.

Buah-buahan dan sayuran lokal ini dapat melakukan detoksifikasi, mencegah peningkatan kolesterol, dan tentu saja tidak ada racun atau pestisida di dalamnya,” ungkap Ahmad.

Foto: Bhisma Adinaya

Ahmad menegaskan, produk pangan lokal sebenarnya memiliki banyak keunggulan dibanding produk impor.

Ia menilai masyarakat saat ini cenderung lebih menyukai produk pangan impor, termasuk buah dan sayuran.

Bahkan, membeli bahan pangan impor di supermarket atau mall sudah menjadi gaya hidup.

Baca juga: Ini 10 Manfaat Praktis Wadah Penyimpan Makanan

Tetapi ironisnya, banyak dari mereka yang belum memperhitungkan faktor keamanan dan risikonya bagi kesehatan.

“Masih banyak orang tidak peduli dengan keamanan dari pangan impor,” terangnya.  

Bahan pangan impor seperti buah dan sayuran, papar Ahmad, mengundang risiko lebih besar bagi kesehatan karena mungkin saja disemprot pestisida dan dilapisi fungisida untuk mencegah pembusukan.

Foto: Bhisma Adinaya

Mengerti akan kesulitan petani lokal tersebut, TaniHub memiliki sebuah visi untuk mempercepat penciptaan dampak positif dalam sektor pertanian melalui pemanfaatan teknologi informasi.

Dimana mereka telah membangun usaha diatas tiga pilar utama, yaitu Pertanian, Teknologi, dan Dampak sosial.

Misi sederhana yang diusung adalah memberdayakan petani lokal dengan menyediakan akses pasar dan akses keuangan.

Baca juga: Berbagai Fungsi Tersembunyi Microwave yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

Melalui TaniHub, para petani lokal dapat menjual hasil panen mereka kepada para individu maupun Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di berbagai wilayah.

Aplikasi ini bukan hanya sebuah platform e-commerce terkemuka untuk produk pertanian namun juga katalis untuk masa depan Agri-tech.

TaniHub berawal dari sebuah mimpi bahwa suatu hari, para petani gurem Indonesia dapat menikmati hasil yang adil untuk segala kerja keras mereka di ladang, sementara setiap rumah tangga dapat menikmati produk pertanian lokal dengan harga terjangkau.

Foto: Bhisma Adinaya

Mereka terus bekerja dan berusaha untuk menciptakan terobosan besar di sektor yang sebelumnya bisa dikatakan sangat tersegmentasi, misterius dan selalu diremehkan.

Tentunya perjalanan itu tidak akan mudah dan penuh perlawanan, namun mereka percaya bahwa setiap usaha keras demi cita-cita yang mulia akan selalu sepadan. 

Oleh sebab itu, TaniHub bisa bermitra dengan individu maupun organisasi yang memiliki kesamaan nilai dan cita-cita, agar segala perkembangan berjalan cepat dan selalu berada di jalur yang tepat. (*)

Artikel ini telah tayang dalam laman health.grid.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
39 + = 46

shares