Yuk Buat Kompos! Dari Sampah, Untuk Lingkungan

Yuk Buat Kompos! Dari Sampah, Untuk Lingkungan

Seperti yang kita semua ketahui, lingkungan tempat tinggal kita saat ini telah penuh dengan sampah dan polusi yang dapat mengancam kesehatan kita serta lingkungan sekitar. Tumpukan sampah yang menggunung dan mengotori beberapa lautan, sungai dan kawasan telah menjadi bukti nyata bahwa tumpukan-tumpukan sampah perlahan akan memenuhi kawasan tepat kita tinggal.

Sebagai manusia, sudah semestinya kita bertanggung jawab untuk ikut berpartisipasi dan menjaga lingkungan kita. Banyak hal kecil yang dapat kita lakukan untuk mengurangi penggunaan sampah di lingkungan kita. Mulai dari mengurangi penggunaan plastik, mendaur ulang sampah, menggunakan kertas bekas hingga ikut turun ke lapangan untuk ikut membersihkan lingkungan.

Baca juga: Konsep Urban Farming untuk Masa Depan Lingkungan!

Namun, pernahkah kalian terbayangkan untuk menjaga lingkungan mulai dari rumah kalian sendiri? Kalian dapat mengolah sampah rumah tangga menjadi sesuatu yang bermanfaat dan dapat bermanfaat bagi lingkungan kalian. Jawabannya adalah, pupuk kompos. Pupuk kompos merupakan sebuah pupuk organik yang terbuat dari limbah sampah basah dan memiliki manfaat yang bagus bagi tumbuhan dan lingkungan sekitar loh.

Hal terpenting yang dapat kalian lakukan untuk membuat pupuk kompos adalah menyortir sampah yang ada. Sampah yang bisa digunakan untuk membuat pupuk kompos antara lain:

  1. Sisa-sisa makanan, sayur, dan buah 
  2. Dedaunan / Rumput
  3. Kertas / Tisu bekas
  4. Kayu
  5. Bumbu dapur kedaluwarsa
  6. Bulu hewan
  7. Potongan Rambut
  8. Kotoran hewan

Sedangkan, sampah yang tidak bisa digunakan untuk membuat kompos adalah:

  1. Minyak goreng
  2. Tumbuhan yang terkena penyakit
  3. Kertas yang mengandung unsur metal
  4. Kaca dan kaleng

Setelah penyortiran dilakukan, sampah yang telah dipilah harus dipotong kecil-kecil agar proses pembusukan bisa terjadi lebih cepat. Tambahan pupuk kandang bisa menjadi sangat baik agar proses pembusukan menjadi lebih sempurna. 

Bahan dan alat yang dibutuhkan untuk pembuatan kompos ini antara lain adalah:

  1. Sampah yang sudah disortir & dicacah 
  2. Pupuk kandang
  3. Larutan Gula
  4. EM4
  5. Tanah secukupnya
  6. Air secukupnya
  7. Sarung tangan
  8. Wadah beserta tutup

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membuat kompos:

  1. Masukan tanah secukupnya kedalam wadah, kemudian masukan sampah yang sudah dicacah, larutan gula, EM4 dan pupuk kandang.
  2. Setelah padat, tutup lagi dengan tanah dan basahi tanah dengan air.
  3. Tutup wadah dengan rapat agar proses pembusukan tidak terkontaminasi dengan partikel-partikel asing.
  4. Diamkan selama kurang lebih 3 bulan agar sempurna.
  5. Setelah 3 bulan, pupuk kompos bisa langsung digunakan untuk tanaman.

Kompos yang baik memiliki warna coklat yang mirip seperti warna tanah, tidak larut dalam air, memiliki efek baik di tanah, memiliki suhu yang sama dengan suhu lingkungan, tidak memiliki bau yang menyengat. Jadi jika kompos kalian memiliki beberapa kriteria diatas, berarti kalian telah sukses membuat kompos yang sehat.

Kalian tertarik untuk mencoba membuat kompos dirumah? Selain mendapatkan kompos untuk tanaman dirumah, kalian juga telah membantu mengurangi produksi sampah rumah tangga supaya tidak berlebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Math Captcha
+ 84 = 86

shares