Ternyata Hobi Memasak Dapat Menghasilkan!

Ternyata Hobi Memasak Dapat Menghasilkan!

Hobi memasak ternyata bisa jadi sesuatu yang menghasilkan. Salah satunya, usaha jasa boga atau yang biasa kita kenal sebagai catering. Bisnis F&B satu ini banyak diminati, tak mengherankan karena seperti kita tahu produk dari usaha kuliner secara terus menerus dibutuhkan oleh orang banyak.
Pertanyaannya adalah bagaimana sukses dalam memulai sebuah usaha katering?
Di bawah ini, kami bagikan tips sukses bagi kamu yang ingin memulai berwirausaha katering. 

1. Tentukan jenis katering yang ingin kamu coba

  • Katering khusus kantoran

Jenis katering ini biasanya menyajikan makanan dalam bentuk box dengan harga relatif murah namun tetap terkesan ekslusif. 

  • Katering khusus acara besar

Jika kamu memiliki modal dengan jumlah lumayan besar, jenis usaha katering ini dapat kamu coba. Kamu bisa berangkat dengan mulai menyajikan kebutuhan seminar, workshop hingga pernikahan. 

  • Katering khusus bekal sekolah

Jenis katering ini dapat kamu coba berawal dari modal kecil. Tetapi kamu juga harus memastikan menu yang ditawarkan bernutrisi dan penuh gizi.

  • Katering khusus rumahan

Perbedaan katering khusus rumahan dengan jenis katering lainnya terletak pada jumlah sajian. Dan, biasanya pesanan yang datang adalah untuk kebutuhan arisan atau syukuran.

2. Cari pengalaman pada bidang yang sama

Banyak para perintis usaha kuliner F&B pernah atau merupakan karyawan pada usaha katering sebelumnya. Hal ini menguntungkan sebab kamu punya pengalaman yang tidak dimiliki orang banyak. Seperti memahami rantai konsumen berjalan, pengelolaan keuangan, dan cara memberikan pelayanan maksimal pada konsumen. Kamu bisa mencurinya dari pengalaman orang lain dan menerapkan cerita kesuksesannya pada usaha mu.

3. Pilih suplier dengan harga hemat dan berkualitas.

Suplier dengan harga miring membantu kamu lebih cepat mendapatkan keuntungan. Tapi, jangan terlalu bersikeras cepat-cepat mendapatkan untung di awal, sebab kualitas produk juga perlu diperhatikan. Hal itu yang membantu kamu untuk menciptakan bisnis katering yang bertahan lama.

4. Siap mental dan tenaga

Dibutuhkan keberanian saat kamu ingin memulai sebuah usaha, tak hanya usaha katering. Di masa-masa sulit mental akan diuji, saat konsumen melontarkan komplain pedas, atau harga kebutuhan pokok melonjak tajam. Saat masa-masa genting datang sebagai pengusaha dibutuhkan tindakan dalam menyelesaikan keputusan dengan cepat dan tepat.

5. Merekrut karyawan

Mencapai kesuksesan dibutuhkan kolaborasi antara para ahli di bidangnya. Rekrutlah karyawan yang terampil sesuai dengan keterampilan yang kamu butuhkan. Karyawan adalah sebuah aset berharga, jangan takut untuk mengeluarkan biaya besar untuk menambah pasukanmu.

6. Mendengarkan suara konsumen

Sebagai pengusaha katering, banyaklah mendengar dan meminta kritik dan saran dari para pelanggan. Suara dan pendapat mereka membantu dalam melakukan perbaikan-perbaikan dari layanan katering kamu. 

Bagaimana apa kamu sudah memiliki atau melakukan hal di atas untuk menyukseskan usaha kamu? Bagikan di kolom komentar cerita kamu dalam memulai usaha katering.

Selain itu untuk memperoleh bahan baku berkualitas dengan harga hemat kamu dapat berkolaborasi dengan TaniHub. Selain membeli dari TaniHub lebih mudah, kamu juga telah berperan mendukung hasil panen petani lokal. Ayo cek kebutuhan usaha kamu sekarang di sini.

#dukungpetanikita #dukungusahaAnda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Math Captcha
5 + 2 =

shares