Rempah Indonesia, Si Kecil Dengan Segudang Manfaat!

Rempah Indonesia, Si Kecil Dengan Segudang Manfaat!

Rempah, merupakan hasil bumi Indonesia yang memiliki banyak manfaat dalam segala hal dan bidang. Rempah sendiri sudah digunakan oleh nenek moyang sejak dahulu kala untuk berbagai kepentingan. Biasanya, rempah digunakan sebagai bumbu, penguat cita rasa, pengharum makanan maupun ruangan serta pengawet makanan jika digunakan dalam takaran yang tepat dan sesuai.

Rempah sendiri memiliki sifat aromatik sehingga dapat menyegarkan dan memulihkan kondisi tubuh kita menjadi lebih baik. Rempah yang biasa kita gunakan memiliki banyak bentuk dan jenis. Tetapi biasanya, rempah-rempah yang kita konsumsi berasal dari batang, daun, kulit kayu, umbi, rimpang, akar hingga biji-bijian. Cita rasa dan aroma khusus yang dimiliki oleh rempah dihasilkan oleh kandungan fitokimia yang memiliki sensasi menyegarkan.

Berbagai macam varian rempah terkadang membuat kita sedikit bingung untuk mengkategorikan rempah itu sendiri. Berikut akan dipaparkan berbagai macam varian rempah berdasarkan jenisnya. 

  • Rempah yang berasal dari biji-bijian: Ketumbar, adas, jinten, lada, cengkih.
  • Rempah yang berasal dari rimpang: Jahe, kunyit, temulawak, lengkuas.
  • Rempah yang berasal dari daun: Daun jeruk, daun salam, daun sereh, daun pandan
  • Rempah yang berasal dari kulit kayu: Kayu manis, kayu secang.

Sebagai negara dengan iklim tropis, Indonesia menjadi habitat bagi sekitar 30ribu-40ribu tanaman herba yang memiliki potensi baik bagi kesehatan tubuh. Kita patut berbangga hati karena dengan mudahnya kita dapat memanfaatkan setiap bagian dari rempah secara bijak. Mengingat, rempah memiliki nilai guna dan nilai jual yang cukup tinggi. 

Pada umumnya masyarakat Indonesia sering menggunakan rempah sebagai campuran bahan masakan serta bahan dasar dari sebuah obat. Masyarakat Indonesia masih memiliki mindset yang kuat bahwa rempah merupakan obat alami yang mampu mengatasi berbagai macam penyakit dan mampu memberikan kesehatan bagi tubuh. Hal itu juga dibarengi dengan bukti yang cukup kuat. Sebagai contoh, rebusan air jahe dapat melegakan tenggorokan yang gatal akibat batuk. Maka dari itu, tidak mengherankan jika kita masih mendapati pekarangan rumah warga yang masih menanam beberapa tumbuhan rempah sebagai apotek hidup.

Bukan hanya obat, rempah juga sering digunakan sebagai campuran bahan makan dan minum bagi masyarakat Indonesia. Beberapa contoh hidangan yang menggunakan rempah antara lain adalah: wedang jahe, bajigur, bandrek, wedang ronde, sekoteng hingga secang. Minuman tersebut menggunakan rempah sebagai bahan utama dan memberikan efek menyegarkan dan menyehatkan bagi tubuh. Berbagai macam minuman ini dapat kita temukan di berbagai tempat di Indonesia dengan mudah.

Berbagai macam minuman ini sudah sejak lama ada di Indonesia. Nenek moyang kita telah meramu dan meracik minuman ini sedemikian rupa dan mewariskannya sehingga kita masih bisa menikmati minuman ini hingga sekarang. Tidak hanya minuman-minuman yang telah disebutkan diatas, ada minuman lain yang berasal dari rempah yang biasa kita konsumsi untuk kesehatan. 

Jamu merupakan minuman racikan rempah yang mampu menyegarkan dan menyehatkan tubuh kita. Beberapa jamu yang umum kita konsumsi antara lain: beras kencur, kunyit asam, dan temulawak. Namun belakangan ini, banyak inovasi yang dilakukan untuk mengembangkan minuman jamu agar dapat lebih bisa diterima dan dikonsumsi oleh masyarakat banyak. Beberapa diantaranya adalah: Wedang jahe teh melati, wedang telo, ronde kolang-kaling, hingga cincau bajigur. Minuman ini telah berkembang pesat dan bisa ditemukan di berbagai tempat, mulai dari hotel hingga tenda pinggir jalan.

Bumbu & Rempah Indonesia
Sumber: merdeka.com

Selain dikonsumsi sebagai campuran bahan pangan, rempah juga dimanfaatkan sebagai bahan lulur dan perawatan tubuh. Ini merupakan cikal bakal menjamurnya industri spa di Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa kandungan yang ada di dalam rempah memiliki dampak positif bagi tubuh jika digunakan dengan takaran tertentu. Jadi, rempah dapat kita manfaatkan dengan berbagai cara untuk kesegaran dan kesehatan tubuh kita.

Tertarik untuk mencoba minuman dari rempah? Atau ingin mengobati penyakit serta berlulur dengan rempah? Belanja kebutuhan rempahmu di aplikasi TaniHub sekarang! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Math Captcha
55 + = 61

shares