Realisasikan Resolusi Tahun Baru 2020

Realisasikan Resolusi Tahun Baru 2020

Tidak terasa, tahun 2019 sudah mencapai puncaknya. Sudah saatnya juga tahun baru 2020 menggantikan 2019 yang sudah berlalu dan berjalan selama setahun pula. Tidak terasa memang, perjalanan panjang di tahun lalu telah memberikan banyak pelajaran, kenangan serta perkembangan di dalam diri kita. Harus kita sadari bahwa tahun 2019 yang telah berlalu memberikan banyak pelajaran hidup bagi kita untuk terus memperbaiki diri kedepannya.

Mungkin juga selama tahun 2019 ada banyak impian, cita-cita serta resolusi yang belum tercapai. Sekarang sudah saatnya bagi kita untuk mulai mengisi kembali lembaran putih kosong sebanyak 365 halaman dengan hal-hal serta kegiatan positif untuk mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih baik, entah itu bagi diri kita sendiri, orang disekitar kita maupun bagi lingkungan kita.

Harus kita sadari, ada banyak sekali halangan yang sering kita temui dalam menjalankan dan mewujudkan resolusi-resolusi yang sudah kita ciptakan. Namun, kita tidak boleh putus asa dan harus tetap terus berjalan lurus sesuai dengan keinginan kita. Tidak hanya itu, kita juga dapat memiliki motivasi untuk menjalankan hidup ini dengan hal-hal positif. 

Banyak hal yang sudah kita rencanakan dalam menciptakan sebuah resolusi serta capaian yang ingin kita raih. Biasanya beberapa hal yang sering jadi resolusi kita dalam menjalankan tahun baru adalah: Kesehatan, Pendidikan, Jodoh, Karier, serta beberapa pengembangan diri yang ingin diperbaiki.

Terdengar sangat mudah bagi kita untuk menulis dan merencanakan hal-hal tersebut. Namun, pada kenyataannya cukup sulit bagi kita untuk menjalankan rencana-rencana tersebut secara langsung. Banyak faktor yang membuat kita kesulitan untuk mewujudkan resolusi tersebut, diantaranya adalah: waktu, kesibukan serta hal-hal lain yang kita jadikan prioritas sehingga resolusi tersebut menjadi terbengkalai.

Baca juga: 10 Porsi Sayur dan Buah Tiap Hari? Ini yang Dirasakan Tubuhmu

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menjalankan serta mewujudkan resolusi yang sudah kita rencanakan. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Spesifik: Resolusi yang sudah kita rencanakan harus jelas dan to the point. Tidak ada ambiguitas dalam menuliskan resolusi supaya rencana yang sudah kita tuliskan dapat terwujud secara efektif. Seperti contoh: Kita ingin menjaga kesehatan, harus jelas berapa lama melakukan olahraga serta makanan apa yang akan kita konsumsi.
  2. Terukur: Kita harus mengerti takaran dan kemampuan kita dalam menjalankan resolusi yang ingin kita wujudkan. Jangan sampai kita menjalankan resolusi yang tidak bisa kita capai karena beberapa kendala yang cukup memberatkan kita.
  3. Relevan: Resolusi yang ingin kita lakukan harus sesuai dengan kemampuan yang kita miliki.  Selain itu juga harus bermanfaat dan tidak merugikan diri kita sendiri. Jadi,kita tidak boleh memaksakan sesuatu yang tidak bisa kita jalankan sehingga resolusi atau tujuan yang ingin kita capai bisa terwujud dan berjalan sesuai dengan tujuan kita.
  4. Menjaga hubungan baik dengan orang lain: Hal ini menjadi penting dilakukan karena kita pasti membutuhkan bantuan orang lain terutama orang orang terdekat kita dalam menjalankan resolusi yang ingin kita jalankan.
  5. Refleksi diri: Dalam menjalankan resolusi yang sudah kita rencanakan ada baiknya jika kita selalu mengoreksi dan bertanya kepada diri sendiri, apakah yang sudah kita lakukan ini sudah sesuai dengan harapan yang kita inginkan. Selain itu juga, ada baiknya bagi kita untuk melakukan refleksi diri ini secara rutin (bulanan).

Jadikan tahun 2020 sebagai tahun yang baik bagi kita untuk berkembang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Math Captcha
78 − 77 =

shares