Rahasia Salak Pondoh, Buah Asli Indonesia!

Rahasia Salak Pondoh, Buah Asli Indonesia!

Wow! Tak disangka Buah salak pondoh berasal dari Indonesia ini ternyata punya rahasia di balik manfaatnya! Buah yang dikenal dengan kulit yang kasar ini tertanaman subur di pulau Jawa, pulau Sumatera, bahkan hingga ke pulau Bali. Tiap-tiap daerah di Indonesia memiliki ciri khasnya masing-masing. Salah satunya adalah salak pondoh yang berasal dari pulau Jawa. Penasaran tentang buah yang satu ini? Yuk kita gali informasi lebih dalam lagi tentang buah salak pondoh bareng TaniHub!

Tentang Salak Pondoh

Salak pondoh yang memiliki nama latin (salacca edulis) ini merupakan tanaman asli Indonesia yang dapat tumbuh subur pada lahan tropis. Di Indonesia sendiri, buah salak pondoh ini memiliki sentra budidaya di daerah Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kabupaten Sleman pun menjadi salah satu penyuplai buah salak terbesar dengan kualitas terbaik untuk memenuhi kebutuhan di pulau jawa.

Tidak hanya di Indonesia, salak pondoh ternyata juga banyak digemari oleh masyarakat luar negeri! Rasa manis, masam, legit, dan segar yang dimiliki oleh salak pondoh menjadi nilai plus bagi buah ini dalam memasuki pasar internasional. Selandia Baru dan Australia merupakan dua negara yang gemar mengkonsumsi buah salak pondoh.

Ciri-Ciri Salak Pondoh

Seperti yang sudah kita ketahui buah salak pondoh ini memiliki karakteristik dengan buah salak lainnya, namun ada beberapa ciri khas yang bisa kita ketahui dari salak pondoh. Beberapa diantaranya adalah:

  • Bagian Luar

Memiliki kulit berwarna coklat dengan tekstur yang cukup kasar, memiliki pola seperti kulit ular serta berukuran kurang lebih seperti telur ayam negeri. Salak pondoh sendiri memiliki perbedaan dari jenis salak lainnya. Salak pondoh memiliki ukuran yang lebih kecil. Namun, untuk rasa boleh diadu.

  • Bagian Dalam

Ketika dikupas, buah salak memiliki daging buah berwarna putih susu. Selain itu, ada semacam selaput halus yang menyelubungi daging buah ini.

  • Biji Buah 

Salak pondoh memiliki biji buah yang cukup besar. Biji buahnya berwarna kecoklatan hampir menyerupai warna kulitnya.

  • Rasa

Rasa dari buah salak pondoh sangat manis! Memiliki sedikit rasa masam, legit dan segar. Namun, perpaduan rasa ini justru membuat salak pondoh menjadi populer bagi masyarakat Indonesia.

  • Tekstur Buah

Renyah, garing dan diikuti tekstur masir merupakan karakteristik yang dapat dirasakan ketika kita menggigit buah ini.

Manfaat Buah Salak Pondoh

Bukan hanya rasa, TaniHub juga mau kasih informasi mengenai berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi salak pondoh. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Baik Untuk Penderita Diabetes

Makanan manis tentunya menjadi pantangan bagi penderita diabetes. Tetapi, para penderita diabetes dianjurkan mengonsumsi buah salak pondoh beserta lapisan kulit arinya lho! Kandungan pterostilbene dalam salak pondoh dapat menurunkan glukosa dalam darah, jika buah ini dimakan bersamaan dengan kulit arinya akan bermanfaat untuk meregenerasi sel di pankreas. Namun, harus tetap mengkonsumsinya dengan jumlah yang wajar ya.

  1. Menambah Stamina & Energi

Gula merupakan salah satu sumber energi bagi tubuh. Salak pondoh memiliki kandungan gula tersebut. Eits tapi tunggu dulu, gula yang terkandung adalah gula alami yang baik bagi tubuhmu. 

  1. Membantu Kinerja Otak

Beta karoten, potasium, serta pektin merupakan kandungan nutrisi aktif yang sangat penting untuk meningkatkan dan menstabilkan aliran darah ke otak. Jadi dengan sering mengkonsumsi buah salak pondoh maka daya ingatmu akan jadi lebih baik. Tidak sampai disitu, buah ini ternyata mampu untuk mencegah penyakit neurodegeneratif seperti alzheimer dan demensia lho!

  1. Melancarkan Pencernaan

“Jangan makan salak banyak-banyak, nanti bisa sembelit lho!”. Itu merupakan kalimat yang seringkali kita dengar ketika mengonsumsi salak dalam jumlah banyak. Tetapi apakah benar demikian? Faktanya, pencernaan kita akan lebih sehat ketika kita memakan buah salak dengan kulit arinya. Nutrisi seperti serat, kalsium, tanin, saponin, flavonoid dan beta karoten ternyata mampu mengikat dan membuang zat sisa serta racun yang terkandung di dalam tubuh kita.

  1. Mengontrol Asam Urat

Enzim xanthin oksidase merupakan salah satu enzim yang memiliki peran dalam memproduksi asam urat. Buah salak pondoh ternyata mampu menekan, mengontrol, serta menghambat produksi enzim tersebut.

Olahan Salak Pondoh

Selain lezat untuk dimakan langsung, ternyata ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengonsumsi buah salak pondoh. Ini beberapa olahan salak pondoh yang bisa kamu buat dan sajikan untuk keluarga di akhir pekan:

  • Asinan Salak Pondoh
  • Manisan Salak Pondoh
  • Nastar Isi Salak
  • Pie Salak
  • Selai Salak

Yuk langsung beli buah salak pondoh karya petani lokal ini biar kamu dan keluarga jadi semakin sehat! Mau dikonsumsi langsung atau diolah, sama baiknya. Mulai hidup sehat dengan konsumsi buah-buahan bareng TaniHub!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Math Captcha
82 + = 85

shares