Manfaat Semangka Bagi Tubuh

Manfaat Semangka Bagi Tubuh

Kalau kita sebut semangka, pasti yang terpikirkan adalah buah dengan rasa yang segar, manis, dan pastinya berwarna merah! Sebagai salah satu jenis buah yang cukup terkenal di dunia, semangka sudah dikembang biakan dengan berbagai cara dan menghasilkan lebih dari 1.000 varietas yang punya keunikannya sendiri, seperti non-biji, daging buah berwarna kuning, atau bentuk buah yang lonjong, dan masih banyak lagi. Semuanya tentu saja tetap lezat dan menyehatkan. Nah, sebelum kita gali manfaat semangka lebih dalam, ada baiknya kita berkenalan dulu dengan dua jenis semangka yang populer di Indonesia, yaitu semangka non biji dan semangka inul!

Asal-usul Semangka Non Biji

Semangka Non Biji

Tak kenal maka tak sayang, sebelum kita telusuri manfaat dari semangka non biji, ada baiknya kita tahu dulu darimana dia berasal. Citrullus lanatus atau yang biasa kita kenal dengan nama semangka, merupakan buah asli dari benua Afrika. Nah, usut punya usut, ternyata semangka non biji sudah muncul lebih dari 50 tahun yang lalu loh! Varian semangka ini muncul pertama kali dengan cara menyilangkan dua kromosom dari jenis semangka yang berbeda, yaitu diploid dan tetraploid untuk menghasilkan tanaman dengan karakteristik triploid. Hasil persilangan tersebut melahirkan jenis semangka hibrida yang “steril” atau tidak memiliki biji. Ada satu hal yang menarik dari jenis semangka ini, biarpun bernama non biji, sebenarnya semangka ini masih memiliki biji loh, namun tidak sama dengan semangka pada umumnya. Biji pada semangka biasanya keras dan berwarna hitam dengan ukuran yang cukup besar. Nah, untuk semangka non biji, mereka memiliki biji berwarna putih, lunak, dan berukuran kecil jadi terkesan tidak ada bijinya sama sekali.

Manfaat Semangka Non Biji

Karena tidak memiliki biji, semangka ini jadi sangat mudah dikonsumsi karena kamu tidak perlu lagi cemas jika secara tidak sengaja menelan biji semangka ketika mengkonsumsinya. Biarpun berbeda dengan semangka lainnya, ternyata semangka non biji memiliki manfaat yang tidak kalah dengan jenis semangka lainnya. Apa saja manfaat semangka non biji ini?

  • Menjaga Kesehatan Jantung

The American Journal of Hypertension memuat penelitian mengenai manfaat semangka untuk menjaga kesehatan jantung. Hal itu bisa terjadi berkat kandungan kalium dan karotenoid yang ada pada semangka. Fungsi kalium yang mengurangi tekanan pada sistem kardiovaskular dan karotenoid yang mencegah pengerasan dinding arteri dan vena jadi kunci keberhasilan semangka dalam menjaga kesehatan jantung kita!

  • Menurunkan Risiko Batu Ginjal

Selain baik untuk jantung, ternyata kandungan kalium pada semangka juga membantu pelepasan endapan racun dalam ginjal! Manfaat semangka dalam menurunkan risiko batu ginjal juga dibantu oleh kandungan antioksidan, antioksidan membuat tubuh menangkal berbagai radikal bebas yang berpotensi menyebabkan penyakit pada ginjal. Tapi, kamu harus tetap berhati-hati. Jika kamu sudah mengidap penyakit ginjal, sebaiknya tidak terlalu banyak mengkonsumsi semangka, karena kalium yang seharusnya membantu malah dapat berbahaya bagi kamu.

  • Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Manfaat semangka non biji yang ketiga tidak kalah pentingnya dengan dua manfaat sebelumnya loh. Ya, untuk pemenuhan kebutuhan cairan tubuhmu! Kok bisa? Dengan kandungan air dan elektrolit sebanyak 92%, tubuh kamu akan dijamin bebas dari dehidrasi serta efektif untuk menurunkan suhu tubuh yang tinggi. Nggak heran ya kalau buah ini segar banget dimakan ketika hari sedang terik.

Asal-usul Semangka Inul

Semangka Inul

Iya kamu tidak salah baca, nama dari semangka ini memang semangka inul, sama dengan nama penyanyi dangdut top asal Indonesia. Semangka hibrida ini pertama kali muncul berkat hasil rekayasa dari para petani semangka di daerah Bangkinan, Surabaya. Karakteristik semangka ini lebih menyerupai timun suri, dengan bentuk yang lonjong dan montok. Dengan bentuknya yang tidak lazim, semangka ini secara mengejutkan memiliki rasa manis yang tidak kalah dibandingkan varietas lainnya yang berasal dari luar negeri. Lalu bagaimana dengan manfaat semangka ini? Apakah sama dengan yang lain? Yuk, segera kita buka manfaat dari semangka inul!

Manfaat Semangka Inul

Perbedaan bentuk tidak membuat manfaat semangka ini berkurang, malahan tanaman asli budidaya Indonesia ini memiliki kualitas yang tidak kalah loh dengan semangka impor. Apa saja sih manfaatnya?

  • Menjaga Kestabilan Gula Darah

Jika kamu memiliki masalah gula atau diabetes, maka secara otomatis kamu harus membatasi konsumsi gula supaya tidak memperparah kondisi diabetes yang ada. Penyandang diabetes harus menjalani diet rendah gula yang kaya akan karbohidrat. Hal ini dikarenakan rasa lapar yang sering muncul akibat berkurangnya asupan gula. Untuk mengatasi itu, kamu bisa mengkonsumsi semangka sebagai snack alternatif. Dengan kandungan kalium dan magnesium yang membantu peningkatan fungsi insulin, kestabilan gula darah kamu akan terjaga. Tapi ingat, bukan berarti kamu bisa makan sesuka hati ya, selalu ingat untuk membatasi porsinya!

  • Mengatasi Nyeri Otot

Tidak disangka ternyata manfaat semangka bisa sampai mengatasi nyeri otot! Penelitian yang dimuat dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry membuktikan bahwa atlet yang mengkonsumsi lebih dari 500 ml jus semangka dalam waktu 1 jam sebelum berolahraga cenderung kebal terhadap nyeri otot!

  • Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit

Vitamin A dan C pada semangka berperan penting dalam meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Selain produksi kolagen yang meningkat, kedua vitamin tersebut juga dapat membantu memperbaiki sel kulit yang telah mati dan mempertahankan kekenyalan kulit loh. Manfaat semangka yang satu ini cocok banget buat kamu yang ingin tampil awet muda!

Nah, setelah kamu sudah tahu kan kalau semangka non biji dan semangka inul ini manfaatnya sangat baik untuk tubuhmu, sekarang saatnya kamu buktikan sendiri khasiatnya! Jangan takut, ada cara gampang untuk mendapatkan kedua buah ini: cukup kunjungi TaniHub!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Math Captcha
28 − = 24

shares