Drone Sebagai Teknologi untuk Pertanian

Drone Sebagai Teknologi untuk Pertanian

Mustahil rasanya untuk melakukan monitoring terhadap lahan pertanian yang menghampar berhektar-hektar. Butuh banyak tenaga manusia untuk melakukan perawatan maupun pengecekan terhadap lahan tersebut, hal ini akan berakibat terhadap pembengkakan biaya perawatan. Dibutuhkan teknologi khusus seperti citra satelit supaya para petani dapat mendapatkan gambar yang presisi dan mampu menjangkau seluruh lahan pertanian. 

Seiring berkembangnya zaman, perkembangan teknologi juga semakin maju. Hal ini dibuktikan dengan munculnya teknologi canggih yang terkenal dengan nama UAV (Unmanned Aerial Vehicle) atau yang lebih populer dengan “drone”. Drone sendiri merupakan sebuah pesawat tanpa awak yang dikendalikan oleh Remote Control. Fungsi dari drone sendiri mampu mengambil gambar dengan resolusi tinggi dan terkoneksi dengan sistem Global Positioning System atau GPS serta memiliki sistem komputer yang terpusat. Drone sendiri mampu terbang setinggi 120-150 meter serta mencakup jangkauan sekitar 446.016 hektar.

Belakangan ini, sangat banyak inovasi serta perkembangan dari drone itu sendiri. Perkembangan ekonomi serta industri yang semakin pesat, juga membuat para ahli berinovasi menciptakan drone yang mampu mendukung perekonomian serta perindustrian dari masyarakat agar mampu menekan biaya produksi. Drone untuk bidang pertanian juga mulai diciptakan untuk membantu melakukan perawatan terhadap lahan pertanian yang cukup luas. Sejak tahun 2013-2015, investasi dalam pengembangan drone untuk pertanian terus mengalami peningkatan. 


Teknologi drone sendiri dapat memberikan banyak keuntungan serta manfaat bagi para petani. Beberapa diantaranya adalah; memberikan gambaran tanaman mana saja yang sudah siap dibudidayakan, tanaman mana saja yang harus diberi pupuk, tanaman mana saja yang perlu diberikan perawatan khusus, antisipasi penyakit pada tanaman hingga mencegah kegagalan-kegagalan sebelum panen misalnya serangan OPT (Organisasi Pengganggu Tanaman) yang mengganggu pertumbuhan dari tanaman. Tidak hanya itu, teknologi drone untuk pertanian juga mampu untuk menyemprotkan obat dan menebar pupuk ke tanaman yang terserang penyakit atau hama. Tentunya, dengan bantuan drone bagi petani akan membantu hasil produksi petani semakin meningkat dan efisiensi tenaga dan waktu bagi para petani.

Banyak negara-negara di dunia yang sudah sukses menggunakan drone sebagai teknologi yang membantu pertanian. Di antaranya adalah:

  1. Amerika Serikat: Menggunakan drone untuk memantau OPT dan daun menggulung di perkebunan anggur.
  2. Sri Lanka dan Uganda: Bekerjasama untuk menanggulangi penyakit pada tanaman.
  3. International Potato Center: Bekerjasama untuk mencegah penyakit dan kerusakan pada kentang.
  4. India: Kerjasama antara Pemerintah dan Masyarakat untuk mengantisipasi OPT pada pertanian di India.
  5. Polandia: Menggunakan drone untuk mengontrol pertanian serta menyewakan drone khusus pertanian (Agroindustry).

Serta masih banyak negara lain yang menggunakan dan melihat peluang besar dari penggunaan drone sebagai alat bantu dalam bidang pertanian.

Teknologi drone dalam bidang pertanian digadang-gadang memiliki keakuratan yang sangat presisi oleh para ahli, karena menggunakan teknologi infra merah. Hal ini sangat membantu petani untuk mengantisipasi masalah yang terjadi pada lahan pertanian. Namun, disisi lain masih banyak halangan-halangan  dalam mengoperasikan drone sebagai kebutuhan pertanian. Beberapa masalah tersebut antara lain adalah: 

  1. Regulasi untuk menerbangkan drone di beberapa area tertentu.
  2. Masih mahalnya harga drone untuk bidang pertanian sehingga kurang terjangkau.
  3. Personil untuk menerbangkan drone khusus bagi petani yang masih terbatas.
  4. Personil yang mampu menginterpretasikan citra satelit hasil drone bagi pertanian yang masih terbatas. 
  5. Kondisi sosial masyarakat yang masih tidak percaya dalam menggunakan teknologi.

Namun, banyak ahli yang bersedia untuk mengembangkan dan memberikan solusi untuk masalah-masalah di atas, sehingga drone untuk bidang pertanian dapat dinikmati keunggulannya oleh seluruh petani. 

Makmur petani Indonesia! 

#TeknologiUntukPetani

#SayaJugaPetani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Math Captcha
64 − 58 =

shares