Sekadar Nama, Buah Pepaya California ini Buah Asli Indonesia!

Sekadar Nama, Buah Pepaya California ini Buah Asli Indonesia!

Siapa yang gemar mengkonsumsi buah pepaya? Buah tropis yang satu ini ternyata memiliki banyak penggemarnya. Di Indonesia sendiri ada kurang lebih 5 jenis pepaya yang laku di pasaran. Salah satunya adalah pepaya california. Dari namanya, kita pasti sudah mengira buah ini berasal dari Negeri Paman Sam. Ternyata tidak sama sekali! Buah ini justru merupakan buah asli dari negara kita sendiri, Indonesia.

Asal Usul Pepaya California

Sebelum resmi memiliki nama pepaya california, pepaya ini diberi nama callina. Nama pepaya california diberikan dengan alasan “branding” karena lebih mudah diterima dan lebih menjual bagi masyarakat.

Buah pepaya california merupakan salah satu buah hasil rekayasa genetika yang ditemukan oleh  Prof. Dr. Ir. Sriani Sujiprihati. Beliau merupakan salah satu ilmuwan pada Pusat Kajian Buah Tropika, Institut Pertanian Bogor (IPB). Pada awalnya Prof. Sriani melakukan riset untuk mengembangkan berbagai varietas buah pepaya di Indonesia. Setelah melakukan penelitian selama kurang lebih 7 tahun, akhirnya pepaya callina atau pepaya california ini menjadi buah pepaya favorit.

Masa Panen yang Cukup Cepat

Merawat pohon pepaya dapat dikatakan cukup mudah. Asal memiliki tanah yang sesuai serta penyiraman yang cukup, tanaman dari pohon pepaya akan hidup dan tumbuh dengan subur. 

  • Berbunga

Karena memiliki masa panen yang dapat dikatakan cukup cepat, pohon pepaya mulai berbunga ketika memasuki usia 3 bulan.

  • Panen

Setelah 3 bulan berbunga, dalam kurun waktu 7 hingga 9 bulan, buah dari pepaya california sudah dapat dinikmati.

  • Terus Berbuah

Pohon pepaya memiliki siklus hidup yang dapat bertahan selama kurang lebih 4 tahun. Hal ini menunjukan bahwa dalam jangka waktu 4 tahun tersebut, pepaya california dapat dipanen sebanyak 4 kali dengan hasil buah yang cukup melimpah.

Melihat masa panen pepaya callina yang cukup cepat ini, tentunya akan sangat menguntungkan bagi petani dan konsumen. Kamu juga bisa mendapatkan keuntungan dari pepaya callina ini dengan ikut melakukan pendanaan di TaniFund loh!

Karakteristik Buah Pepaya California

Via Shutterstock

Buah pepaya ini memiliki karakteristik yang hampir sama seperti pepaya pada umumnya, namun juga ada beberapa ciri-ciri yang harus kalian ketahui agar mampu membedakan jenis pepaya california dengan pepaya yang lainnya. 

  • Bagian Kulit

Pepaya california memiliki kulit yang mulus, halus, serta tidak memiliki guratan. Kulit dari buah pepaya california yang belum matang berwarna hijau, namun buah ini akan berubah menjadi warna kuning-oranye ketika buah sudah mulai matang.

  • Bagian Daging Buah

Seperti pepaya pada umumnya daging buah pepaya california berwarna oranye terang. Tekstur dari buah pepaya ini juga sangat juicy dan mengandung air yang cukup banyak. Dagingnya cukup tebal dengan biji berwarna hitam yang terkumpul di dalamnya. Tidak hanya itu, buah pepaya california ini memiliki aroma yang sangat khas.

  • Rasa 

Tidak perlu diragukan lagi, buah pepaya california memiliki rasa yang sangat manis dibandingkan pepaya lainnya. Hal ini membuat pepaya california menjadi primadona di antara jenis pepaya lainnya.

Manfaat Buah Pepaya California

Setelah mengetahui asal-usul serta karakteristik dari buah ini, ada baiknya kita juga mengetahui kandungan serta manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dari buah pepaya california.

  1. Melancarkan & Menyehatkan Pencernaan

Banyak yang mengatakan jika kita sedang sembelit, ada baiknya mengonsumsi pepaya agar pencernaan menjadi lancar. Pernyataan tersebut benar adanya. Ternyata, pepaya california memiliki kandungan enzim papain yang membuat protein lebih mudah dicerna di dalam tubuh. Bahkan jika kita rutin mengkonsumsi buah pepaya california, dipercaya mampu untuk menyembuhkan konstipasi serta perut kembung.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Enzim papain serta vitamin A dan C yang ada pada buah pepaya california ini mampu membuat kulit wajah kita semakin kencang dan terlihat lebih sehat. Kulit wajah kita akan direvitalisasi oleh enzim papain, sedangkan vitamin A dan C berperan aktif untuk mengurangi bintik hitam, mengurangi kerutan, serta membantu tubuh untuk memproduksi kolagen untuk mencegah pengeriputan pada wajah.

  1. Membuat Kuku dan Rambut Menjadi Semakin Sehat

Mineral sangat dibutuhkan rambut dan kuku agar lebih kuat, sehat dan berkilau. Mineral tersebut bisa kita dapatkan dengan cara rutin mengkonsumsi buah pepaya california. Tidak hanya itu, buah ini ternyata juga bisa dijadikan masker alami untuk rambutmu lho!

Olahan Pepaya California

Pepaya california enaknya diolah menjadi apa ya? Tenang! TaniHub mau kasih solusinya nih. Rasa manis serta daging buah yang tebal, membuat buah pepaya california cocok untuk diolah menjadi:

  • Puding Pepaya California
  • Smoothie Pepaya California
  • Manisan Pepaya California
  • Sorbet Pepaya
  • Rujak

Langsung borong buahnya dan dapatkan manfaat sehatnya buah pepaya california hanya di TaniHub ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Math Captcha
48 − = 47

shares