Alasanmu Kenapa Wajib Mendukung Usaha Kecil & Produk Lokal

Alasanmu Kenapa Wajib Mendukung Usaha Kecil & Produk Lokal

Menghadapi dunia dengan kesendirian akan terasa berat pastinya, apapun itu yang kamu lakukan. Bayangkan usaha kecil yang kamu miliki harus bersaing dengan perusahaan besar yang namanya telah didengar seantero negeri. 

Pemilik usaha kecil seringkali ada di posisi tersebut, karena itu kolaborasi yang berkelanjutan sangat dibutuhkan. Antara konsumen, korporasi dan UMKM-UMKM lainnya untuk saling mendukung perekonomian lokal melalui usahanya masing-masing.

Lalu, apa alasannya kita harus mendukung bisnis lokal? Apa yang membuat mereka menjadi begitu kuat dan memikat banyak konsumen.

Menunjukkan kalau kamu peduli dengan komunitas lokal
Kebahagiaan nomor satu yang paling bisa dirasakan adalah ketika kamu mendukung bisnis lokal di lingkunganmu, kamu juga ikut membantu perekonomian komunitas yang ada di sekitarmu.

Kamu memperlihatkan apresiasi terhadap pemilik bisnis lokal
Ketika kamu membeli produk lokal berarti sama dengan mengapresiasi para pemilik usaha lokal yang tiap harinya berusaha untuk melakukan yang terbaik bagi usahanya. Mereka memiliki idealisme dan membangun usahanya secara jujur bahkan dalam menghadapi persaingan.

Kamu membantu menyebarkan karakter unik bisnis lokal
Dunia komersial dipenuhi oleh perusahaan-perusahaan tipikal dengan cerita yang hampir sama. Sulit untuk menemukan usaha lokal yang benar-benar unik dan otentik. Ketika menjumpai brand atau usaha lokal yang berbeda, kamu akan merasa seperti mendapatkan harta karun unik yang tidak dimiliki oleh banyak orang. 

Hak istimewa mendapatkan produk yang unik
Banyak produk lokal yang dihasilkan oleh brand-brand kecil memiliki keunikan tersendiri. Ide tidak pernah terbatas dan penuh dengan hal baru. Bahkan kamu kadang tidak menyangka menemukan benda tertentu yang belum pernah belum kamu lihat sebelumnya namun dijual oleh brand lokal.

Mereka berusaha memberikan yang terbaik, tak hanya soal profit
Perusahaan lokal lebih dari itu, di kepala mereka takhanya soal uang, uang, dan uang. Tentu, kamu akan membayar lebih mahal untuk produk lokal, namun atas karya, ide, dan nilai yang mereka berikan hal tersebut telah sepantasnya untuk mendukung kelanjutan bisnis lokal mereka.

Kamu membuka lapangan kerja bagi yang lainnya
Nggak perlu ditanyakan lagi, membeli produk lokal berarti kamu telah mendukung bisnis ini untuk terus hidup. Hal ini seperti prinsip bola es, mendukung usaha lokal, mendukung bisnis tetap berjalan, menyediakan lapangan pekerjaan, lalu meningkatkan perekonomian lokal.

Cara lain memberikan dampak bagi produk lokal adalah menyebarkan promo atau produknya melalui sosial media mu. Semakin banyak yang tahu, semakin besar dampak yang diberikan. Sudah mendukung usaha lokal hari ini? Kamu bisa mendukung TaniHub di sini!

Kita yakin dengan #dukungpetanikita melalui produk lokal, usaha lokal pun bisa terkenal!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Math Captcha
27 − = 25

shares