9 Trik Menikmati Alpukat Makin Mudah!

9 Trik Menikmati Alpukat Makin Mudah!

Kalau mau menikmati alpukat, di TaniHub ada dua jenis alpukat yang ditanam oleh petani kita. Pertama adalah Alpukat Mentega yang memiliki ciri khas daging buah yang berwarna kuning bersih seperti mentega, rasanya pun creamy dan bertekstur lembut. Kedua adalah Alpukat Sulawesi, secara fisik tidak banyak berbeda dengan Alpukat Mentega, namun Alpukat Sulawesi memiliki ukuran yang lebih besar dari Alpukat Mentega, yaitu 250 – 280 gram per buah.

Alpukat Mentega di website dan aplikasi TaniHub dihargai mulai dari Rp26.500/kg sedangkan Alpukat Sulawesi dihargai Rp64.000/kg. Nah kalau kamu ngaku seorang Avocado Lovers sejati, pastikan kamu sudah mencoba kedua jenis alpukat ini dan mencoba beberapa hacks buah alpukat di bawah ini yang bikin pengalaman menikmati buah alpukat mu makin seru!

1. Bikin Waktu Konsumsi Alpukat Lebih Panjang

Via: foodtasticmom.com

Saat kamu sudah membeli alpukat, lalu alpukat yang kamu dapatkan sudah matang, namun belum ingin menyantapnya saat itu juga? Kamu bisa lakukan trik ini! Belah alpukat menjadi dua bagian, buang bijinya lalu berikan perasan jeruk lemon pada buah alpukat setelah itu masukkan ke dalam plastik zip lock. Dinginkan dalam lemari pendingin, kalau tiba-tiba mau bikin jus atau avocado toast? Tinggal keluarin deh dari kulkas. 

2. Bekukan Alpukat Dalam Wadah Es Batu

Haluskan alpukat dan jus lemon dengan blender atau bisa kamu tumbuk hingga halus. Lalu tuang pada wadah es batu. Kamu bisa stok es alpukat ini untuk ikut di-blender bersama smoothie untuk keesokan paginya atau sekedar di jus juga nikmat.

3. Mau Alpukat Matang Lebih Cepat?

Ini salah satu cara jitu untuk mematangkan alpukat! Kamu cuma butuh bantuan dari pisang untuk membuat alpukat cepat matang. Caranya semudah memasukkan alpukat dan pisang dalam satu wadah kedap udara bersamaan atau plastik zip lock. Tunggu beberapa waktu, alpukat pun akan matang! Hal ini sebenarnya adalah sebuah proses alami yang dihasilkan dari kandungan gas etilen pada pisang yang membantu mempercepat proses pematangan pada buah dan sayur. 

4. Bawang Merah Agar Alpukat Tetap Awet

Setelah alpukat dibelah dua yang kamu sadari adalah daging buah alpukat akan semakin cepat mengalami proses pembusukan jika sebelumnya sudah matang. Nah ada hacks untuk kamu nih biar alpukat yang tidak langsung habis tidak terbuang sia-sia. Kamu hanya butuh memasukkan alpukat ke dalam plastik kedap udara bersama bawang merah. Gas belerang pada bawang dapat menghambat proses oksidasi dan jangan khawatir bau bawang tidak akan mempengaruhi rasa alpukat.

5. Lihat Kematangan dari Bagian Bawah Alpukat

Saat kamu memilih alpukat kamu bisa lihat dari bagian batangnya. Jika berwarna hijau cerah, berarti buah sudah matang sempurna dan siap disantap. Jika telah berwarna coklat gelap, kemungkinan alpukat kamu telah terlalu matang dan bagian bawah daging alpukat sudah mulai mencoklat. 

6. Alpukat untuk Menggantikan Mentega

Nih buat kamu yang suka baked beragam biskuit atau brownies tapi mau bahan dasar yang lebih sehat, kamu bisa coba menggantikan mentega dengan alpukat yang telah dihaluskan. Kalau sudah mencoba, bagikan ceritamu di kolom komentar!

7. Jangan Buang Bijinya!

Kalau kamu berniat menanam pohon alpukat sendiri, bisa dengan memanfaatkan bijinya! Selengkapnya bisa kamu lihat di sini.

8. Masker Rambut Bernutrisi

Punya alpukat buah sisa atau mungkin terlalu matang namun masih baik untuk diolah, kamu bisa mencoba membuat masker rambut dari alpukat. Kamu hanya perlu menyiapkan alpukat yang sudah dilembutkan, minyak kelapa dan telur sebagai campurannya. Rambut pun bisa ternutrisi alami, dan pastinya jadi lebih sehat.

9. Mangkuk yang Bisa Dimakan

Via: downshiftology.com

Biar semua bagian dari alpukat bisa kamu nikmati dan olah. Kamu cuma perlu memotong alpukat menjadi dua lalu mengambil sedikit buahnya dan memecah telur tepat di setiap tengahnya. Panggang dalam suhu 220 °C dan viola kamu bisa menikmati satu resep alpukat kekinian yang nikmat!

Nah jadi gimana? Tertarik nggak untuk coba beberapa trik alpukat di atas? Biar pengalaman menikmati Alpukat Mentega dan Alpukat Sulawesi mu makin gampang? Langsung aja dapatkan buah-buahan berkualitasnya hanya di website dan aplikasi TaniHub!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Math Captcha
9 + 1 =

shares