Bingung Saat Mau Memulai Startup? Bisa dimulai dari hal berikut!

Bingung Saat Mau Memulai Startup? Bisa dimulai dari hal berikut!

Sejak munculnya Revolusi Industri 4.0 yang ditandai oleh perubahan besar-besaran di berbagai bidang melalui teknologi, banyak anak muda akhirnya berbondong-bondong membangun startup. Namun jika kamu mau memulai startup dari 0, kira-kira hal ini dapat kamu siapkan terlebih dahulu!

Ulik Problematik Sehari-hari yang Sering Kamu Temukan

Pada dasarnya, perusahaan startup menawarkan jalan keluar bagi problem yang kita hadapi melalui teknologi. Karena itu, kamu dapat mengusung startup , lewat kegelisahan atau masalah yang relevan dengan masyarakat, dan bisa diselesaikan melalui teknologi. 

Contoh saja Airbnb, startup unicorn asal San Francisco, Amerika Serikat yang bermula dari mahalnya tarif penyewaan kamar, dan akhirnya mencari jalan keluar dengan membentuk Airbnb agar dapat menyewakan kamarnya sekaligus mendapatkan pendapatan dari hal tersebut. Tanpa harus melepas kamar kesayangan.

Sebagai Permulaan Teman Terdekat Bisa Jadi Co-Founder 

Setelah menemukan kegelisahan, dan memiliki konsep untuk memecahkannya, carilah co founder yang berada di lingkunganmu terlebih dahulu. Bisa teman dekat yang memiliki visi sejalan ataupun seseorang berpengalaman dalam bidang startup yang akan kamu selami.

Mulai bangun secara perlahan

Kalau kata orang, memulai startup cukup sulit. Pertanyaan-pertanyaan seperti, bagaimana mendapatkan dana? Bagaimana menarik hati para investor? Apa yang bisa kita jual? Padahal sebelum hal-hal itu dilakukan kamu dapat melakukan hal ini terlebih dahulu.

Mematangkan core value perusahaan mu sudah tentu harus dilakukan, yang ke dua buat lah orang-orang tahu mengenai startup mu, core value, cerita mu salah satu platform yang sesuai adalah website. Kamu dapat mulai membuat versi beta dengan dana minimum.

Simak feedback dari konsumen kamu

Sedari awal hal ini sudah harus kamu biasakan. Karena hal ini sangat penting untuk terus belajar memahami apa yang dibutuhkan dan diinginkan audiens kamu. Dengan cara ini kamu dapat menciptakan startup customer oriented yang berkesempatan besar meraih konsumen-konsumen loyal.

Kolaborasi adalah kunci!

Networking mendukung kamu untuk tetap sustain. Seperti manusia, startup pun tidak bisa terus-terusan berdiri sendiri, untuk memberikan dampak yang maksimal kolaborasi sangat dibutuhkan.

Jadi sudah siap membangun startup mu? Bisa kog dimulai dari hal-hal sederhana di atas! Dan yang terpenting, untuk membuat startup yang bertahan lama harus ada alasan yang kuat bahwa startup kamu menjadi jawaban atas sebuah permasalahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
56 − = 54

shares