Berbuka Puasa dengan Lima Makanan Ini Bisa Pulihkan Energi

Berbuka Puasa dengan Lima Makanan Ini Bisa Pulihkan Energi

Tanihub.com – Hari ini, Senin, 6/5/2019 menjadi hari yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Hari pertama berpuasa dan awal “perjalanan” menuju kemenangan yang fitrah. Selama tiga puluh hari mereka akan berjuang untuk menahan lapar, haus, hingga emosi.

Tantangan berpuasa pun semakin meningkat ketika jam “kritis” tiba. Tubuh terasa lemas seperti kehabisan tenaga. Berbuka puasa pun kadang terasa berat karena tidak tersisanya energi. Bagi sebagian orang, hal ini tentu menjadi tantangan berat. Namun bagi sebagian orang lain, hal ini jarang terjadi. Apa yang membedakannya?

Pada dasarnya mereka yang dapat dengan mudah mengembalikan energi yang hilang adalah mereka yang tepat memilih makanan sebagai menu berbuka. Berikut ini kami rangkumkan lima makanan yang mampu kembalikan energi tubuh saat berpuasa.

1. Kurma

Tidak ada yang bisa mengalahkan kepopuleran kurma selama bulan puasa ini. Selain rasanya yang enak, buah kecil berwarna merah kecoklatan ini juga dikenal sebagai sumber energi.

Kurma mengandung karbohidrat tinggi, salah satu komponen pentingnya adalah fruktosa. Sebagai gula alami, fruktpsa akan diolah tubuh sebagai sumber energi. Tidak heran jika kemudian kurma sangat disarankan bagi Anda yang akan berbuka puasa.

Baca juga: Mudah dan Murah, Tingkatkan Daya Pikir dengan Sayuran Hijau Berlutein

Selain itu kurma juga kaya akan mineral, vitamin, serat, dan antioksidan yang baik bagi sistem pencernaan, fungsi otak, kesehatan tulang, dan membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas.

Lebih hebatnya lagi, kurma memiliki potensi untuk mengendalikan kadar gula darah karena memiliki indeks glikemiks yang rendah sehingga aman dikonsumsi untuk pasien diabetes.

2. Madu

Bukan rahasia lagi bila madu digunakan sebagai pengganti gula. Sebagai pemanis alami, madu mengandung kalori tinggi. Hal ini disebabkan oleh tingginya fruktosa, maltosa, sukrosa, dan glukosa, sehingga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setelah olahraga. Tentunya juga sangat bermanfaat untuk memulihkan energi setelah puasa.

Selain gula alami, madu mengandung banyak antioksidan tanpa lemak atau protein sehingga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Tidak hanya itu, hal ini kemudian berfungsi sebagai pencegah terjadinya peradangan dan menjaga tekanan darah agar tetap normal.

3. Pisang

Anda mungkin sering melihat seseorang membawa pisang dalam perjalanan pulang sore hari menjelang berbuka. Bukan tanpa alasan, selain karena mudah dibawa dan dikonsumsi, pisang juga mengandung serat dan gula, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang berperan sebagai pendongkrak energi.

Baca juga: Vitamin C Tinggi Tidak Hanya Ada di Jeruk, Buah-buahan Ini Juga Lho!

Selain mampu membuat Anda kenyang lebih lama, pisang dengan kandungan kaliumnya dapat membantu tubuh menurunkan tekanan darah.

4. Ubi jalar

Selain rasanya yang manis, ubi jalar juga mengandung karbohidrat, vitamin A, dan vitamin C yang berpotensi untuk melawan kelelahan. Bahkan beberapa sumber mengatakan bahwa ubi jalar juga bisa menjadi menu makanan diet bagi pasien diabetes.

Walaupun rasanya manis, kandungan serat pada ubi jalar dapat membantu memperlambat penyerapan gula. Hal ini kemudian berdampak pada pencegahan lonjakan kadar gula darah. Selain itu kandungan antioksidan pada ubi jalar mendukung kesehatan otak, sama seperti brokoli dan sayuran hijau lainnya.

5. Apel

Siapa yang tidak kenal apel, buah dengan rasa khas ini dapat dengan mudah ditemui di mana pun.

Walaupun rendah kalori, apel dapat menghasilkan energi bagi tubuh dengan kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi. Air, vitamin B, kalium, dan zat besi yang terkandung pada apel berpengaruh terhadap fungsi jantung dan otot, sehingga membantu memulihkan energi setelah berpuasa seharian.

Dikonsumsi dalam kombinasi

Untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar, disarankan agar Anda mengonsumsi beberapa bahan pangan tadi dalam sebuah kombinasi. Cara paling mudah dan sering dilakukan adalah membuat jus apel atau pisang dengan madu sebagai pemanisnya, atau membuat kolak berisi pisang dan ubi.

Baca juga: Sering Dibuang, Bagian-bagian Buah dan Sayur Ini Justru Banyak Manfaatnya

Ingin mencari beberapa makanan di atas tanpa perlu usaha yang besar? Mudah saja, Anda dapat melakukan pembelian melalui aplikasi TaniHub. Seluruh buah, sayur, atau makanan yang dijual, dijamin kesegarannya. Belum memiliki aplikasi tersebut, unduh saja di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares