Berani Untuk Mengonsumsi “Ugly Product?”

Berani Untuk Mengonsumsi “Ugly Product?”

Pada hakikatnya, manusia tidak pernah bisa jauh dari salah satu kebutuhan primernya yang sangat membantu dalam melanjutkan kehidupannya. Pangan, merupakan salah satu sumber nutrisi terpenting yang dibutuhkan manusia untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Tanpa makanan, manusia akan selalu sulit dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Kesehatan tubuh juga bisa kita dapatkan dari sumber pangan yang jelas dan sehat.

Banyak cara yang bisa kita lakukan dalam mengolah makanan yang kita dapatkan sehari-hari. Memasak adalah salah satu cara kita mengolah bahan mentah menjadi makanan yang sangat lezat untuk disantap. Berbagai jenis sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan hingga protein hewani dapat kita olah untuk menjadi santapan yang lezat dan bergizi.

Biasanya kita selalu memasak dengan menggunakan sayuran segar maupun buah-buahan segar dengan bentuk yang sangat sempurna. Namun pernahkan kalian mencoba memasak dengan menggunakan produk sayur dan buah dengan bentuk yang kurang sempurna? Seperti memasak sup dengan wortel yang berdempetan, atau memasak tomat dengan bentuk lingkaran yang tidak sempurna? Atau mungkin, kalian tidak menginginkan produk tersebut sehingga sayur dan buah tersebut menjadi terbuang begitu saja?


Jika kalian pernah mengonsumsi makanan dari produk tersebut artinya kalian telah membantu untuk keberlanjutan pertanian dan telah mengurangi food waste yang ada di dunia. Belakangan ini, promosi serta kampanye terhadap produk pertanian yang tidak sempurna sedang digalakan secara besar-besaran. Sebelum ada kampanye ini, dulunya produk buah dan sayur dengan bentuk yang tidak sempurna ini dijual dengan harga sangat murah ke swalayan, namun tetap saja banyak orang yang tidak ingin mengonsumsinya. 

Sumber: pri.org

Terhitung, ada sekitar 6 juta kilogram produk buah dan sayur dengan bentuk yang tidak sempurna ini terbuang sia-sia tiap tahunnya. Untuk mengurangi food waste ada baiknya jika kita ikut mencoba mengonsumsinya. Untuk rasa, tidak ada perbedaan dengan buah dan sayur pada umumnya. Tidak ada salahnya bagi kalian untuk mengolah buah-buah yang tidak sempurna tersebut menjadi makanan lezat seperti salad buah.

Resep Salad Buah

Bahan:

2 buah pir

2 buah apel

½ buah melon

100 gram buah anggur

1 buah mangga

1 buah naga

Kental manis

Mayonnaise

Yoghurt

Keju Parut

Cara Membuat:

Cuci bersih dan kupas semua buah

Potong kecil buah-buahan 

Satukan dalam satu wadah

Tambahkan mayonnaise secukupnya

Masukan 7-8 sendok makan kental manis

Tambahkan yoghurt secukupnya

Pindahkan ke piring saji

Taburkan keju parut diatasnya

Salad buah siap dinikmati! Rasanya juga tidak akan berbeda dengan buah-buahan segar pada umumnya.

Bagaimana? Tertarik untuk mengolah dan mengonsumsi sayur dan buah yang tidak sempurna ini? Coba sendiri dan jadilah bagian dalam mengurangi food waste!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
22 − 17 =

shares