3 Manfaat Jeruk Bali dan Jeruk Medan Jumbo

3 Manfaat Jeruk Bali dan Jeruk Medan Jumbo

Sudah bukan rahasia umum kalau buah jeruk memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Dengan kandungan vitamin C  yang sangat tinggi, buah ini menjadi andalan banyak orang untuk meningkatkan imunitas tubuhnya, terutama di masa pandemi seperti sekarang. Tapi, ternyata masih banyak manfaat dari buah jeruk yang tidak kita ketahui, terutama untuk jenis jeruk bali dan jeruk medan jumbo. Apa saja sih manfaat dari jeruk bali dan jeruk jumbo medan? Yuk, kita kupas bareng TaniHub!

Asal-usul Jeruk Bali

Jeruk Bali

Kalau ditanya darimana asal jeruk bali, kamu akan jawab apa? Kalau kamu jawab `Bali` sayang sekali, jawaban kamu salah. Ternyata jeruk bali ini berasal dari kawasan Asia Selatan dan Asia Tenggara dan lebih dikenal dengan nama jeruk Pomelo. Memiliki nama ilmiah Citrus  grandis L. Osbeck/Citrus maxima, salah satu ciri mencolok yang membedakan jeruk ini dengan jenis jeruk lainnya adalah ukurannya yang besar, dengan diameter buah hingga 25 cm. Selain ukurannya, kulit jeruk bali juga terkenal tebal dengan warna hijau kekuningan di bagian luar dan putih di bagian dalam. Eh apa kamu tahu? Selain buahnya, kita juga bisa mengkonsumsi kulitnya dengan menjadikannya manisan loh! Nah setelah tahu asalnya saatnya kita kupas apa saja manfaat jeruk bali!

Manfaat Jeruk Bali

Sebelum menelaah lebih jauh manfaat dari jeruk bali, alangkah baiknya kalau kita tahu terlebih dahulu kandungan nutrisi dari buah ini. Selama ini kita hanya tahu kalau jeruk adalah sumber vitamin C, tapi ternyata banyak kandungan nutrisi yang kita tidak ketahui seperti protein, kalium, thiamine, dan masih banyak lagi. Dengan kandungan nutrisi tersebut, jeruk bali memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Meningkatkan Imunitas

Di masa pandemi seperti sekarang ini, imunitas tubuh jadi hal penting yang harus kita pertahankan. Salah satu cara untuk menjaga imunitas adalah dengan mengkonsumsi vitamin C. Jeruk bali yang kaya akan kandungan ini jadi salah satu alternatif buah-buahan yang bisa kamu santap setiap hari. Dengan mengkonsumsi jeruk secara rutin, maka manfaat jeruk bali untuk meningkatkan kekebalan sel darah putih dalam memerangi bakteri atau virus yang masuk akan jadi lebih efektif.

  • Menjaga Kesehatan Otak

Penyakit degeneratif pada otak seperti alzheimer atau parkinson bisa jadi momok menakutkan, khususnya ketika usia kita semakin tua. Namun setelah dilakukan penelitian mendalam, kandungan flavonoid pada jeruk bali ternyata memiliki manfaat untuk mengurangi risiko kedua penyakit tersebut. Manfaat jeruk bali juga bisa ditemukan pada orang yang rajin mengkonsumsi jeruk tersebut, daya ingat mereka jadi lebih baik dibandingkan orang lain.

  • Menjaga Kesehtan Jantung

Manfaat jeruk bali tidak berhenti di imunitas dan otak, tapi hingga jantung juga! Dengan kandungan serat dan flavonoid yang tinggi, kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh dapat meningkat dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Dengan turunnya LDL, maka penyumbatan pembuluh darah dapat dihindari dan kesehatan jantung jadi lebih terjaga.
Tiga manfaat jeruk bali di atas tentunya sangat menakjubkan, bukan? Tapi bukan berarti kamu bisa mengkonsumsi jeruk ini secara berlebihan.Salah satu alasannya adalah ada beberapa obat yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan jeruk ini karena dapat menghilangkan efek obat tersebut. Ingat, selalu konsumsi segala hal secara wajar dan terapkan hidup sehat untuk hasil yang maksimal! Dapatkan jeruk bali dengan mudah melalui TaniHub sekarang!

Asal-usul Jeruk Medan Jumbo

Jeruk Medan Jumbo

Masuk ke dalam jenis Citrus Nobilis, jeruk medan terkenal memiliki warna kulit luar hijau kekuningan dan sedikit tipis. Rasa buahnya yang manis dan memiliki kandungan air yang banyak jadi alasan kenapa jeruk ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Sesuai dengan namanya, jeruk ini berasal dari daerah Medan, Sumatera Utara. Setelah kita tahu asal-usulnya, apa saja sih manfaat jeruk medan jumbo ini?

Manfaat Jeruk Medan Jumbo

Hampir sama dengan jeruk bali, jeruk medan jumbo memiliki kadar vitamin C yang sangat tinggi, ditambah dengan nutrisi lainnya seperti:

  1. Vitamin A
  2. Vitamin B1
  3. Kalsium
  4. Potassium
  5. Flavonoid
  6. Antioksidan
  7. Dan masih banyak lagi

Menjadikan jeruk medan jumbo sebagai salah satu buah paling sehat yang bisa kamu konsumsi dengan mudah. Apa saja sih manfaat jeruk medan jumbo?

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Selain merawat dari luar, kulit juga bisa kamu rawat dari dalam loh. Caranya gampang, kamu cukup penuhi semua kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan seperti vitamin C dan antioksidan. Kedua nutrisi tersebut dapat kamu temukan pada jeruk medan jumbo. Dengan merawat dari dalam, kulit akan jadi makin sehat dan terlindungi dari risiko kerusakan. Asal kamu tahu, manfaat jeruk medan jumbo yang satu ini ternyata jarang diketahui orang!

  • Baik untuk Kesehatan Mata

Ternyata manfaat jeruk medan jumbo juga meliputi kesehatan mata kita, terutama untuk orang yang kesehatan matanya menurun akibat usia. Kandungan vitamin A dan antioksidan pada jeruk bermanfaat untuk merawat retina mata. Peneliti juga menemukan bahwa kombinasi vitamin C dan E mampu mencegah katarak. Ayo makan jeruk sekarang!

  • Menjaga Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada jeruk berfungsi untuk membantu fungsi pencernaan, meningkatkan rasa kenyang, dan mengatur kadar gula. Ketika kebutuhan serat terpenuhi, otomatis kesehatan pencernaan juga akan tercapai. Selain itu, serat pada jeruk juga terbukti membantu mengurangi kadar kolesterol darah dan menangkal lemak visceral yang berbahaya bagi tubuh.

Ternyata banyak kan manfaat yang bisa kita dapatkan dari buah jeruk? Biar kamu makin sehat, yuk dapatkan jeruk medan jumbo dengan mudah hanya di TaniHub!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
68 − = 58

shares